Oleh-oleh khas Manado: Klappertaart

Oleh-oleh Khas Manado Paling Lezat dan Wajib Dibawa Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 19-03-2022

PARBOABOA, Manado - Manado di Sulawesi Utara dikenal memiliki banyak tempat wisata menarik. Setelah menghabiskan waktu berlibur, wisatawan bisa membeli oleh-oleh khas Manado untuk dibawa pulang.

Kamu tentu tak ingin pulang membawa tangan kosong bukan? Ada banyak buah tangan yang bisa kamu beli di Manado.

Mulai dari camilan manis hingga bumbu masakan pelengkap makanan pokok, Manado menyediakan sederet oleh-oleh yang dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Manado.

Penasaran apa saja? Berikut ini Parboaboa sudah siapkan beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Manado paling lezat yang bisa kamu bawa pulang kampung.

1. Klappertaart

Klappertaart merupakan camilan yang berbahan dasar kelapa yang ditambah dengan tepung, susu, mentega, dan telur. Klapertaart memiliki tekstur yang lembut dan manis.

Selain itu, klappertaart ini identik dengan kismis dan kacang almond di bagian atasnya. Klappertaart ini dapat dijadikan oleh-oleh khas Manado karena tahan lama dan bisa disimpan di lemari es.

2. Halua Kenari

Halua Kenari adalah kue khas Manado yang dibuat dengan bahan utama kacang kenari. Kacang kenari adalah tumbuhan yang tumbuh subur di Sulawesi Utara.

Kacang kenari ini dilapisi oleh gula merah yang telah dilebur. Tidak sulit bagi kamu menemukan camilan favorit masayarakat ini, karena banyak sekali dijual di tempat oleh-oleh khas Manado.

Harga yang dipatok untuk makanan ini berkisar anatara 10.00 - 45.000 tergantung dari ukuran dan berat isinya. Oleh-oleh khas Manado ini merupakan teman yang cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.

3. Cakalang Fufu

Sebagian orang masih asing dengan nama makanan ini. Jadi, apa itu cakalang fufu?

Cakalang fufu adalah klick disini yang terbuat dari ikan cakalang. Ikan tersebut diberi bumbu, diasap, kemudian dijepit dengan kerangka dari bambu. Olahan ikan ini menjadi khas dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara.

Cakalang fufu bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Manado yang awet meskipun berbentuk makanan. Jika kamu ingin membelinya sebagai buah tangan, jangan lupa untuk memanaskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sendiri.

Panaskan ikan dengan minyak panas beberapa saat untuk kemudian dimakan bersama nasi dan sambal.

4. Pala Manis

Berbeda dengan warga di daerah lain, manisan ala masyarakat Manado justru menggunakan Buah Pala, rempah-rempah yang lebih banyak digunakan sebagai bumbu penyedap atau kondimen makanan berat lainnya.

Seperti manisan, daging buah Pala diolah oleh warga setempat dengan cairan gula sehingga menjadi manisan yang legit.

Adapun Pala Manis ini dapat dijumpai di berbagai tempat dan telah menjadi salah satu camilan khas masyarakat Manado.

5. Pia Amurang

Pia Amurang merupakan bakpia khas Manado yang terbuat dari campuran gula, kacang hijau dan terigu. Pia ini sebenarnya hampir sama dengan pria lain yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Namun pia Amurang ini memiliki rasa yang khas dan sulit untuk dijelaskan.

Harga untuk satu kotak pia ini juga sangat murah dan mudah ditemukan di berbagai swalayan ataupun tempat oleh-oleh khas Manado terdekat.

6. Kacang Goyang

Kacang Goyang adalah camilan khas Manado yang pasti ada di setiap hajatan besar masyarakat Manado. Nama kacang ini berasal dari proses pembuatannya yang mengharuskan kacang dicampur dengan cara digoyang-goyangkan.

Kacang Goyang pada dasarnya adalah Kacang Atom yang dibalut Tepung Terigu dan gula yang membuat rasanya manis dengan warna menarik.

7. Sambal Roa

Sambal yang satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas karena rasanya yang enak. Sesuai dengan namanya, sambal ini terbuat dari olahan ikan Roa yang sebelumnya telah diasap.

Rasanya yang enak serta harganya yang murah menjadikan sambal ini menjadi pilihan utama para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Manado.

Selain itu sambal ini juga dapat bertahan lama sehingga dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama.  Ditambah dengan kemasannya yang tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Oleh karenanya sangat disarankan untuk menjadikan sambal ini salah satu oleh-oleh khas Manado untuk diberikan kepada keluarga.

8. Saguer

Mau bawa pulang minuman khas Manado, Saguer bisa jadi pilihannya. Minuman khas Manado satu ini, terbuat dari pohon enau.

Dalam budaya Manado, biasanya Saguer disuguhkan pada acara-acara tertentu baik resmi maupun tidak resmi.

Minuman ini secara alamiah sudah mengandung alkohol sekitar 5%. Jadi, jika ingin mengkonsumsinya jangan sampai berlebihan ya!

9. Dodol Amurang

Bukan cuma Pulau Jawa yang punya dodol, Manado juga punya dodol yang tidak kalah nikmat. Dodol Amurang namanya.

Oleh-oleh khas Manado satu ini termasuk makanan tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti gula aren, beras ketan dan minyak kelapa.

Jika kamu tertarik membawa pulang Dodol Amurang sebagai oleh-oleh, kamu bisa menemuinya di berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Kota Manado.

10. Kue Pinende

Tidak lengkap rasanya jika ke Manado tanpa membeli kue yang satu ini. Ya, kue Pinende merupakan salah satu variasi kue tradisional yang ada di Manado dan menjadi ikon di daerah ini.

Oleh oleh khas Manado halal ini dibuat dengan bahan baku tepung ketan dan dicampur dengan menggunakan parutan kelapa.

Nah, dalam penyajiannya, kue ini diberi taburan sirup dari gula merah yang sudah dicairkan sehingga akan tercipta rasa manis dan gurih yang lezat.

Perlu diketahui bahwa kue ini termasuk langka di pasaran oleh-oleh khas Manado. Hanya ada beberapa tempat saja yang menjual kue ini dengan bebas.

Karena langkanya, maka kue Pinende setidaknya cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari kota Manado.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Manado paling lezat dan wajib kamu bawa pulang kampung. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata manado    #manado    #travel    #hotel    #oleh oleh    #kuliner manado   

Baca Juga