Oleh-oleh khas Nganjuk/Dumbleg, foto: Portal Nganjuk

10 Daftar Oleh-oleh Khas Nganjuk Paling Populer, Ada Dumbleg Hingga Kerupuk Upil

Wanovy | Travel | 23-09-2022

PARBOABOA, Nganjuk - Mengunjungi Kota Bayu belum lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Nganjuk. Di sana terdapat banyak ragam buah tangan yang cocok dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Harganya sudah pasti terjangkau serta tidak akan membuat kantong kamu jebol.

Nganjuk yang terkenal sebagai kota angin memang menjadi primadona tersendiri di Jawa Timur. Di sana terdapat banyak sekali kekayaan termasuk beragam jenis makanan dan oleh-oleh khasnya bagi para pengunjung atau wisatawan.

Berikut beberapa pilihan oleh-oleh khas Nganjuk yang bisa kamu bawa pulang. Check it out!

1. Dumbleg

Dumbleg merupakan salah satu oleh-oleh khas Nganjuk. Memiliki bentuk, aroma dan warna yang khas membuatnya mudah dikenali.

Saat berkunjung ke Kota Nganjuk maka tidak lengkap rasanya jika tidak membawa dumbleg sebagai buah tangan bagi kerabat terdekat. Terdiri dari 2 jenis, kamu dapat memilih dumbleg merah atau putih sesuai dengan selera.

Sejenis dengan dodol atau jenang Jawa, makanan tradisional yang satu ini terbuat dari bahan bahan yang mudah ditemukan, seperti tepung beras, santan dan gula jawa.

Selain itu proses pembuatannya pun mudah dilakukan. Dengan campuran santan dan gula jawa membuatnya erat dengan rasa manis, legit nan gurih.

2. Kerupuk Upil

Jika kamu penikmat kerupuk, oleh-oleh khas Nganjuk ini bisa jadi pilihan untuk dibawa sebagai buah tangan.

Daerah yang dijuluki Kota Angin ini mempunyai kerupuk yang wajib dicicipi. Menariknya, ukurannya yang kecil dan cara pengolahannya menjadi daya tarik kerupuk khas Nganjuk ini.

Umumnya kerupuk digoreng memakai minyak, tapi kerupuk Upil ini hanya menggunakan pasir. Pasir digunakan untuk menggoreng kerupuk tersebut. Meskipun menggunakan pasir, tapi rasanya tak kalah gurih dan enak.

3. Onde-onde Ketawa

Salah satu oleh oleh khas Nganjuk yang tak boleh kamu lewatkan adalah onde-onde ketawa. Meskipun namanya cukup unik, namun saat memakannya kamu bukan berarti langsung tertawa.

Teksturnya renyah serta rasa yang manis dan gurih. Disebut onde-onde ketawa karena bentuknya yang mirip dengan gestur ketawa manusia.

Onde-onde yang satu ini dibuat menggunakan berbagai bahan seperti tepung terigu, baking powder, soda kue, gula pasir, telur, dan juga wijen

4. Bawang Goreng

Nganjuk merupakan salah satu produsen bawang di Jawa Timur. Maka tak heran, bila di daerah ini banyak sekali penjual bawang (utamanya bawang merah).

Bawang di Nganjuk tak hanya dijual secara mentah belaka. Belakangan ini, bawang di Nganjuk mulai dijual dalam bentuk olahan.

Salah satu olahan bawang yang dijual di Nganjuk adalah bawang goreng. Di Nganjuk, olahan bawang ini lazimnya dibuat dari bahan bawang merah ataupun bawang putih.

Olahan bawang dari Nganjuk tersebut kini tak hanya dipakai sebagai pelengkap makanan. Tetapi, bisa menjadi camilan di kala waktu senggang.

5. Sate Kenul

Sate Kenul juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Nganjuk yang sayang untuk kamu lewatkan. Sate ini dibuat dengan bahan utama daging kambing, diberi tambahan bumbu kelapa muda parut, cabai, dan gula pasir.

Untuk menikmati kuliner satu ini, kamu dapat datang ke Desa Lumpang Kuwik, Kecamatan Jatikalen, Nganjuk. Rasanya yang lezat menjadikan makanan yang satu ini sangat disukai oleh semua kalangan.

6. Sambal Pecel Nganjuk

Pecel yang terkenal memang dari Madiun, tetapi di Nganjuk kamu juga bisa menemukannya.

Mungkin hal tersebut dipengaruhi juga oleh faktor geografisnya dimana Nganjuk dan Madiun berbatasan secara langsung.

Kamu bisa membeli sambal kacang atau sambal pecel sebagai makanan khas Nganjuk. Harganya yang murah merupakan pilihan yang tepat kalau kamu ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk dibagikan.

Satu bungkus kecil sambal pecel hanya seharga seribu rupiah saja. Kalau kamu membeli banyak untuk dibagikan kepada keluarga dan tetangga maka tidak akan membuat kantong jebol.

7. Sego Banting Nganjuk

Sego artinya nasi jadi memang makanan khas Nganjuk ini berupa nasi bungkus dalam ukuran yang tidak terlalu besar.

Kalau di daerah Soloraya kamu mungkin mengenal sego kucing atau nasi kucing yaitu nasi bungkus berukuran kecil dengan lauk bandeng. Nasi banting mirip dengan nasi kucing tapi lebih besar bungkusannya.

Makan nasi kucing mungkin kamu membutuhkan 2 atau 3 bungkus agar kenyang karena memang bungkusannya kecil.

8. Batik Nganjuk

Batik Nganjuk menjadi salah satu oleh oleh khas Nganjuk yang cukup populer dan banyak diburu wisatawan.

Batik Nganjuk tentu memiliki motif dan ciri khas yang berbeda dengan batik lainnya. Batik Nganjuk yang terkenal adalah Batik Anjuk Ladang.

Jika biasanya batik dibuat oleh seniman perempuan, tetapi batik Nganjuk kebanyakan dibuat oleh kaum laki-laki.

Batik yang satu ini dapat kamu beli berupa lembaran kain maupun pakaian siap pakai. Teknik yang digunakan dalam proses pembuatan batik Nganjuk diantaranya teknik batik cap serta batik tulis.

Motifnya yang khas menjadikan batik yang satu ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Nganjuk.

9. Getuk Pisang

Getuk pisang sebenarnya kuliner khas Kediri, tapi di Nganjuk banyak juga penjualnya. Jadi, penganan yang dibuat dari pisang nangka ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Nganjuk.

10. Beras Kencur

Beras kencur dikenal sebagai salah satu minuman yang kaya akan manfaat. Saat berkunjung ke Nganjuk, kamu dapat membeli beras kencur sebagai salah satu oleh-oleh khas Nganjuk. Beras kencur banyak dijual dalam kemasan praktis yakni dengan wadah botol plastik.

Tidak hanya dikenal memiliki banyak manfaat, minuman yang satu ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah, itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Nganjuk yang bisa kamu bawa pulang dan bagikan ke orang-orang tersayang. Happy holiday!

Tag : #wisata nganjuk    #nganjuk    #travel    #tempat wisata    #kuliner nganjuk    #jawa timur   

Baca Juga