Pemimpin Neo Nazi Telah Ditangkap Polisi Yunani

sondang | Internasional | 02-07-2021

Wakil pemimpin kelompok neo nazi golden dawn Christos Pappas telah ditangkap polisi yunani setelah yang sebelumnya berstatus buronan. Kini Pappas sudah berusia 59 tahun, ketika ditangkap di sebuah rumah di distrik Zografou di Athena. Dia menjadi buronan sejak dijatuhi hukuman penjara.

Christos Pappas yang lahir pada 1962 di Athena ini adalah seorang politikus Yunani , terpidana kriminal dan mantan anggota Parlemen Yunani untuk organisasi kriminal Golden Dawn. Pada 22 Oktober 2020, dia dijatuhi hukuman 13 tahun 3 bulan penjara karena mengelola organisasi kriminal.

Namun, Polisi Yunani tidak dapat melacaknya dan dia saat ini masih buron.Dia dikabarkan telah melarikan diri di negara asing. Dia adalah kader Fajar Emas terakhir yang menghindari keadilan, setelah mantan anggota senior Ioannis Lagos, anggota Parlemen Eropa, diekstradisi dari Belgia pada Mei.

Pada tahun 2013 Pappas sempat menghindari penangkapan ketika anggota senior Golden Dawn ditangkap setelah pembunuhan rapper anti-fasis Pavlos Fyssas, kejahatan yang menyebabkan kehancuran organisasi tersebut.

Pengadilan saat itu menjatuhkan hukuman kepada lebih dari 50 terdakwa golden dawn. Hukuman ini atas tuduhan menjalankan organisasi kriminal, pembunuhan dan penyerangan dan kepemilikan senjata ilegal. keputusan hukuman diberikan pada Oktober lalu dengan ancaman lebih dari 13 tahun.

Tag : #internasional   

Baca Juga