Nancy Crampton, penulis buku berjudul Bagaimana Cara untuk Membunuh Suamimu, menjalani sidang di Portland, Amerika Serikat, pada Senin lalu atas tuduhan menembak mati suami yang telah dinikahinya selama 21 tahun (Foto: ADN America)

Penulis Buku Bagaimana Cara untuk Membunuh Suamimu Disidang karena Membunuh Suaminya

Dion | Internasional | 07-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Seorang penulis buku berjudul 'Bagaimana Cara untuk Membunuh Suamimu' menjalani persidangan atas tuduhan membunuh suaminya sendiri. 

Dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (7/4/2022), Nancy Crampton menjalani sidang di Portland, Amerika Serikat, pada Senin lalu atas tuduhan menembak mati Daniel Brophy yang telah dinikahinya selama 21 tahun. 

Dari sejumlah kesaksian di pengadilan menunjukkan jika Nancy menghabiskan waktu di tempat berlatih menembak sebelum kemudian dengan sengaja membunuh suaminya pada 2018 demi klaim asuransi. 

Wanita 71 tahun itu dituduh menembak mati Brophy di dapur Universitas Kuliner Oregon, tempatnya bekerja sejak 2006. 

Brophy yang kala itu berusia 63 tahun merupakan seorang koki. Usai menembak suaminya, Nancy langsung pulang ke rumahnya di Beavertown. 

Menurut jaksa penuntut, Nancy termotivasi membunuh suaminya karena polis asuransi sebesar US$1,4 juta (sekitar Rp19,6 miliar). 

Jaksa dalam persidangan menghadirkan bukti rekaman audio berisikan suara Nancy yang sedang berbicara kepada seorang detektif, empat hari setelah kematian suaminya. 

Kepada detektif itu, Nancy memintanya menulis surat yang secara spesifik mencoretnya dari daftar tersangka pembunuhan suaminya agar ia bisa segera dapat menerima uang asuransi. 

Awalnya ia mengeklaim jika asuransinya bernilai US$40.000 atau sekitar Rp580 juta. Namun, menurut para penyidik, Nancy berusaha mengeklaim 10 polis asuransi berbeda dengan total nilai Rp19,6 miliar. 

"Nancy terus mengincar seluruh polis asuransi itu, karena tak mampu mengatur keuangannya sendiri," kata Shawn Overstreet, deputi senior jaksa wilayah Multnomah County. 

Namun demikian, buku 'Bagaimana Cara untuk Membunuh Suamimu'  yang ditulis Nancy pada 2011 itu menurut Hakim Christopher Ramras tidak dapat dijadikan bukti atas pembunuhan Brophy, karena buku itu terlalu tua dan tidak relevan lagi. 

"Sebagai penulis suspens romantis, saya banyak menghabiskan waktu memikirkan tentang pembunuhan, konsekuensi setelahnya, dan prosedur polisi," tulis Nancy dalam bukunya itu. 

Selain menulis buku 'Bagaimana Cara untuk Membunuh Suamimu', Nancy juga pernah menulis biografi daring yang berisi keluhannya menikahi seorang koki.

Tag : #penulis buku    #bunuh suami    #internasional    #sidang pembunuhan    #amerika serikat   

Baca Juga