Ilustri kaki kaki mobil (Foto: www.gridoto.com)

Penyebab Kaki Kaki Mobil Bunyi Kletek Kletek

Patrick | Otomotif | 17-08-2022

PARBOABOA – Sebagai kendaraan yang dapat menampung beban yang berat, mobil harus memiliki komponen kaki kaki mobil yang kokoh dan kuat. Keamanan dan keselamatan berkendara tidak akan dapat kita rasakan apabila terjadi pada salah satu bagian dari komponen ini.

Salah satu bagian mobil yang paling sering mengalami kerusakan adalah kaki kaki. Sebagai penyangga seluruh bagian mobil, diperlukannya perawatan atau service kaki kaki mobil.

Kaki kaki mobil bunyi kletek kletek adalah salah satu bentuk ketidakpedulian terhadap kendaaran. Apabila dibiarkan maka tingkat keamanan dan kenyamanan berkendara akan berkurang, dan berisiko mengakibatkan kecelakaan.

Penyebab Bunyi

Anggap remeh pada kejadian seperti ini adalah pilihan yang tidak tepat. Karena pada dasarnya komponen ini tidak menghasilkan suara aneh ketika digunakan. Berikut adalah penyebab terjadinya bunyi ini pada kaki kaki mobil.

1. Stabilizer Bar

Komponen ini berfungsi untuk mengatur dan menjaga ketinggian di antara roda kanan dan roda kiri. Biasanya komponen ini berada di bagian roda depan kanan dan kiri.

Bentuk dari stabilizer ini adalah seperti batang dengan dua ball joint yang terletak pada masing-masing ujungnya.

Kalau terjadi kerusakan, maka komponen ini akan menghasilkan bunyi terutama saat sedang berbelok. Karena sistem kerja dari komponen ini akan berjalan ketika kendaraan sedang melakukan manuver.

2. Ball Joint

Komponen ini berada di dalam Stabilizer bar. Fungsi dari Ball Joint ini adalah menjadi engsel untuk roda pada saat berbelok. Komponen ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya bunyi pada bagian bawah mobil.

Jika terjadi kerusakan, komponen ini akan menimbulkan bunyi yang tidak biasa atau lazim. Biasanya terjadi ketika roda sedang berbelok atau pada saat melewati jalanan yang tidak rata.

3. Tie Rod End

Komponen ini merupakan ujung dari sistem kemudi atau steering. Menghubunkan lengan power steering dengan steering knuckle yang terdapat pada roda.

Sama seperti Stabilizer Bar, komponen ni memiliki ball joint sebagai engsel agar bagian power steering dengan roda bisa tetap fleksibel namun stabil.

4. Shock Absorber

Fungsi utama dari komponen ini adalah menjadi peredam guncangan berlebih pada mobil. Memiliki bentuk seperti tabung dan terletak di dalam pegas spiral roda depan. Jika di roda belakang, Shock Absorber terpisah dengan pegas.

Masalah yang sering terjadi di lapangan adalah ketika terjadi kebocoran sehingga ketahannya memudar.

5. Wheel Bearing

Komponen ini adalah bantalan yang terdapat di sambungan koneksi poros roda dan berputas dengan kuckle arm.

Fungsi utama dari komponen ini adalah agar mencegah gesekan langsung pada saar roda berputar.

Ketika bagian ini mengalami kerusakan, maka akan terdengar suara yang aneh pada kaki kaki mobil. Semakin kencang mobil, maka bunyinya semakin keras.

6. Boot Axle

Komponen ini terdapat di mobil dengan penggerak roda depan (FWD). Fungsi dari kompenen ini adalah untuk menutup joint ball di bagian axle shatf dan membuat pelumas di dalamnya tidak bocor.

Namun karena terbuat dari karet, maka komponen ini sering sekali mengalami kerusakan. Akibatnya axle joint menjadi kering dan menimbulkan bunyi aneh apa bagian bawah mobil.

Untuk menghindari terjadi kerusakan pada komponen bagian bawah mobil ini, teman-teman perlu membawa mobil kalian ke bengkel kaki kaki mobil terdekat untuk melakukan perawatan atau service secara berkala.

Cara termudah dalam melakukan perawatan komponen ini adalah dengan membersihkannya dari kotoran, pasir dan debu guna menghindari karat pada setiap bagian bawah dan memperkecil resiko kerusakan.

Semoga informasi mengenai penyebab kaki kaki mobil bunyi kletek kletek ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua.

Tag : #kaki kaki mobil    #komponen kaki kaki mobil    #otomotif    #bunyi kletek kletek   

Baca Juga