Edy Rahmayadi saat bertemu Menteri Basuki (Foto: Dinas Kominfo Sumut)

Percepat Pembangunan Stadion Utama Sport Centre, Edy Rahmayadi Minta Dukungan Menteri Basuki

Sari | Daerah | 05-08-2022

PARBOABOA, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, di kantornya pada Rabu (3/8/2022).

Adapun agenda pertemuan tersebut membahas soal pembangunan Stadion Utama Sport Centre Sumut yang akan digunakan menjadi venue utama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut.

Dalam pertemuan tersebut, Edy menuturkan bahwa Pemprov Sumut sangat membutuhkan bantuan dari Kementerian PUPR dalam penyelesaian stadion dan infrastuktur untuk PON.

“Sumut sangat membutuhkan stadion utama dan infrastruktur dasar di sana. Utamanya adalah untuk PON, tetapi selanjutnya stadion dengan standar internasional ini akan menjadi stadion kebanggaan Sumut untuk event-event besar lainnya,” kata Edy Rahmayadi, usai bertemu dengan Menteri PUPR dikutip dari inews.id pada (5/8/2022).

Rencananya, Pemprov Sumut akan mempersiapkan sarana prasarana di lahan Sport Centre seluas 300 Ha di Desa Sena, Kabupaten Deliserdang.

Pemprov Sumut juga menyiapkan venue olahraga lainnya di kawasan Sport Centre, tujuannya agar kawasan tersebut tetap diberdayakan setelah PON berlangsung, dan harapannya nanti perawatan tidak dibebankan dari APBD.

“Kementerian PUPR membantu penyelesaian stadion, jalan dan infrastruktur dasar lainnya. Kita akan menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, area komersial dan venue-venue lainnya agar kawasan ini terus hidup,” tambah Edy Rahmayadi.

Menanggapi rencana pembangunan tersebut, Menteri Basuki langsung memerintahkan Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk menindaklanjuti desain dasar pembangunan stadion yang telah dipersiapkan Pemprov Sumut.

Tak hanya untuk pembangunan stadion, kementerian PUPR akan mendukung pembangunan infrastruktur lainnya, seperti jalan utama, drainase, sarana dan prasarana pendukung.

“Kita sudah meminta Dirjen Cipta Karya, ibu Diana untuk segera menindaklanjuti basik design yang sudah disiapkan. Kita akan beri dukungan penuh dan stadion Sumut akan segera kita wujudkan,” kata Menteri Basuki.

Tag : #edy rahmayadi    #menteri basuki    #daerah    #Stadion Utama Sport Centre    #menteri PUPR    #PON 2024   

Baca Juga