Pesawat kargo Boeing 757 milik perusahaan pengiriman barang DHL yang terbelah dua usai tergelincir dari landasan di Kosta Rika. (Foto: AP)

Pesawat Kargo DHL Tergelincir dan Terbelah Dua

Dion | Internasional | 08-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Sebuah pesawat kargo milik perusahaan pengiriman barang, DHL, tergelincir dari landasan dan terbelah dua saat mendarat di Bandara San Jose, Kosta Rika, pada Kamis waktu setempat. 

Dilansir kantor berita Associated Press, Jumat (8/4/2022), insiden itu memaksa otoritas menutup bandara sementara. Beruntung tidak ada korban jiwa. 

Pemadam kebakaran mengatakan Boeing 757 itu awalnya lepas landas dari Bandara Juan Santa Maria di bagian barat ibu kota Kosta Rika.

Namun, kru pesawat memutuskan untuk kembali ke bandara setelah mendeteksi adanya kegagalan dalam sistem hidrolik pesawat.

Direktur Departemen Pemadam Kebakaran Kosta Rika Héctor Chaves mengatakan bahwa saat mendarat, pesawat tergelincir, berbelok dan patah menjadi dua.

"Unit dikerahkan untuk memindahkan pilot dan kopilot. Lalu mereka menggunakan busa untuk mencegah tumpahan dan sekarang mereka sedang membangun tanggul tanah untuk mencegah bahan bakar mencapai sistem drainase bandara," ujar Chaves.

Seorang juru bicara maskapai kargo DHL mengatakan, kedua pilot tidak mengalami luka tetapi satu orang sedang menjalani pemeriksaan medis sebagai tindakan pencegahan.

Juru bicara DHL Daniel McGrath mengatakan perusahaan tersebut bekerja sama dengan otoritas bandara untuk memindahkan pesawat sehingga penerbangan dapat dilanjutkan. Dia mengatakan penyelidikan akan dilakukan untuk mengetahui penyebab insiden tersebut.

Tag : #pesawat kargo    #boeing 757    #internasional    #bandara san jose    #kosta rika    #tergelincir   

Baca Juga