Kapolda Sumut pantau arus balik di Jalinsum Medan-Aceh (Wol Photo)

Antisipasi Kemacetan di Jalinsum Medan-Aceh, Polda Sumut Terapkan Sistem One Way

Sarah | Daerah | 05-05-2022

PARBOABOA, Medan - Jelang arus balik Lebaran 2022, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Aceh diprediksi akan mengalami kemacetan.

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, untuk mengantisipasi terjadi kemacetan di lokasi tersebut, Polda Sumut akan memberlakukan sistem One Way.

Maka dari itu, para personel harus aktif mengingatkan pengendara dari arah Aceh menuju Medan untuk mempercepat laju kendaraannya.

"Nantinya mobil lantas dari simpang SPN menarik kendaraan dari arah Aceh untuk mempercepat menuju ke Kota Medan," katanya.

Menurutnya, sistem buka tutup arus lalu lintas ini akan dibuat tempo waktunya melihat kepadatan volume kendaraan yang melintas.

"Diharapkan sistem ini dapat dipedomani seluruh personel untuk mengatur arus lalu lintas, sehingga kemacetan dapat diminimalisir," tukasnya.

Sebelumnya, Direktorat (Dit) Lalu Lintas Polda Sumut mengimbau agar masyarakat yang mudik pulang lebih awal pada libur lebaran Idul Fitri 1443 H.

Himbauan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas. Sebab, arus balik libur lebaran diprediksi akan memuncak pada 6, 7, 8 Mei 2022 mendatang.

"Ya kita himbau masyarakat jangan pulangnya last minute dan secara bersama-sama. Karena untuk arus balik diprediksi puncaknya Jumat Sabtu dan Minggu ini," kata Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pol Indra Darmawan Irianto.

"Makanya kami imbau masyarakat tidak secara berbarengan memilih hari atau waktu baliknya di Sabtu dan Minggu. Lebih awal lebih baik," sambungnya.

Tag : #polda sumut    #one way    #daerah    #lebaran    #mudik    #berita sumut   

Baca Juga