Polres Tangsel Berlakukan Tilang Elektronik dengan Mobil Patroli

Penulis : Desy | Metropolitan | 06-12-2022

Pemasangan ETLE pada mobil patroli Polres Tangsel. (Foto: dok. Restangsel.id)

PARBOABOA, Jakarta – Polres Tangerang Selatan (Tangsel) mulai memberlakukan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Senin (05/12/2022) kemarin.

"Hari ini Satlantas Polres Tangsel sudah memberlakukan ETLE Mobile. ETLE mobile ini adalah perangkat ETLE yang diletakkan di mobil patroli satlantas Polres Tangsel," ujar Kasatlantas Polres Tangsel, AKP Dicky Dwi Priambudi Arief Sutarman, Senin (5/12/2022) kemarin.

Ia menjelaskan cara kerja dari tilang elektronik tersebut, dimana ETLE mobile yang terpasang di atap mobil patroli Satlantas Polres Tangsel akan menangkap gambar pengemudi baik motor ataupun mobil yang melanggar lalu lintas.

“Untuk cara kerjanya sendiri, nantinya ETLE mobile yang terpasang di atap mobil patroli Satlantas Polres Tangsel akan menangkap gambar pengemudi baik motor ataupun mobil yang melanggar lalu lintas,” jelasnya.

Untuk saat ini, hanya terdapat satu unit ETLE yang dioperasikan oleh delapan personel.

Enam dari delapan orang tersebut bertugas di back office, sementara dua orang lainnya ditugaskan untuk melakukan patroli keliling secara bergantian.

Nantinya, jika ada pelanggaran yang terdeteksi oleh ETLE akan langsung dikirimkan ke back office guna dilakukan proses verifikasi.

"Pelanggaran yang ter-capture oleh ETLE mobile ini nanti akan dikirimkan kepada back office untuk melakukan verifikasi dan kemudian akan dikirimkan lembar konfirmasi kepada pelanggar lalu lintas," jelas Dicky.

Sementara untuk pos pelayanan dan aduan ETLE mobile Polres Tangsel beroperasi dari hari Senin-Jumat pada pukul 08.00-13.00 WIB.

Diketahui sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan instruksi larangan menggelar tilang secara manual yang tertuang dalam surat telegram nomor ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022 per 18 Oktober 2022 dan ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri.

Editor : -

Tag : #dicky dwi priambudi arief sutarman    #polres tangsel    #metropolitan    #etle mobile    #mobil patroli   

Baca Juga