Presiden Pertama Ukraina Leonid Kravchuk (dok AFP/SERGEI SUPINSKY)

Presiden Pertama Ukraina Leonid Kravchuk Meninggal Dunia

Rini | Internasional | 11-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Kabar duka menyelimuti Ukraina. Presiden pertama negara pecahan Uni Soviet tersebut, Leonid Makarovych Kravchuk telah meninggal dunia di usia 88 tahun pada Selasa (10/5).

Kematian Kravchuk ini telah dikonfirmasi oleh Kepala Kantor Kepresidenan Andriy Yermak melalui akun Telegramnya. Sayangnya, penyebab kematian Presiden Pertama Ukraina tersebut tak dijelaskan.

Namun sejak tahun lalu, kondisi kesehatannya memang sudah memburuk, bahkan dia telah menjalani operasi jantung.

"Leonid Makarovych adalah seorang patriot Ukraina yang bijaksana, seorang tokoh yang benar-benar bersejarah dalam memperoleh kemerdekaan kita," tulisnya, dikutip dari Associated Press, Rabu (10/5).

Kravchuk merupakan bos Partai Komunis yang memimpin Ukraina pada tahun 1991 hingga 1994, saat keruntuhan Uni Soviet terjadi.

Dia merupakan orang penting yang terlibat dalam pendandatanganan perjanjian pembubaran Uni Soviet pada 8 Desember 1991, bersama dengan para pemimpin Rusia dan Belarus.

Saat menjabat presiden, Kravchuk setuju untuk mentransfer sisa senjata nuklir Soviet di wilayah Ukraina ke kendali Rusia dalam kesepakatan yang didukung oleh Amerika Serikat.

Masa jabatannya di Ukraina berakhir setelah dia kalah dalam masa pemilihan presiden yang berlangsung pada tahun 1994 lalu. Pesaingnya Leonid Kuchma yang sebelumnya merupakan Perdana Menteri, naik jabatan menjadi Presiden Kedua Ukraina.

Kematian Leonid Kravchuk ini menjadi duka tambahan bagi Ukraina, pasalnya negara yang saat ini dipimpin oleh Presiden Volodymyr Zelensky tersebut, sedang menghadapi gempuran dari negara tetangga Rusia.

Perang berdarah yang telah terjadi lebih dari dua bulan ini, telah menyebabkan kehancuran besari di Ukraina.

Jutaan warga negaranya telah meninggalkan Ukraina demi menyelamatkan diri. Namun masyarakat yang masih bertahan di negaranya dalam ancaman bahaya, karena pasukan Rusia terus melancarkan serangan, bahkan ke tempat-tempat warga sipil berlindung.

Sejauh ini, upaya damai kedua negara tersebut masih belum tercapai dan Ukraina terus bertahan dengan mengeluarkan upaya terbaik untuk menghadang pasukan Rusia.  

Tag : #Leonid Kravchuk     #berita duka    #internasional    #presiden pertama ukraina    #Leonid Kravchuk meninggal dunia   

Baca Juga