Presiden PKS Ahmad Syaikhu berpidato dalam acara milad PKS ke-20 di Istora Senayan , Jakarta, Minggu 29 Mei 2022 (Dok: beritasatu.com)

Presiden PKS Ajak Parpol Lain Gugat Ketentuan Presidential Threshold

Dimas | Politik | 30-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengajak partai politik (Parpol) lain untuk bersama-sama mengajukan gugatan terkait ketentuan ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden atau Presidential Threshold 20 persen ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal tersebut disampaikan Ahmad Syaikhu dalam sambutannya pada acara Milad PKS ke-20 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (29/5).

"Sudah selayaknya kita sebagai elemen-elemen partai politik, syukur-syukur dalam era kolaborasi yang pada hari ini kita bisa melakukan judicial review terhadap ketentuan presidential threshold 20 persen ini," ujar Ahmad Syaikhu.

Dengan adanya Presidential Threshold 20 persen, Ahmad menyebutkan bahwa hal itu hanya menjadi kendala dalam memunculkan calon-calon pemimpin nasional. Sebab, aturan itu dinilai mengekang parpol-parpol untuk mengajukan kadernya sebagai capres.

"Tidak ada partai politik yang bisa memajukan secara leluasa kader-kadernya untuk bisa tampil menjadi pemimpin-pemimpin nasional," ujarnya.

Ahmad menilai, jika ambang batas pencalonan presiden bisa diturunkan, hal itu bukan hanya memudahkan munculnya para pemimpin nasional tetapi juga dapat menghindari polarisasi politik ke depannya.

"Sehingga kemudian bisa terus terkoreksi dan bisa turun sehingga lebih memudahkan dan tidak terjadi polarisasi dalam perpolitikan ke depan," tutur Ahmad.

Di samping itu, Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi menekankan bahwa partai politik merupakan wadah untuk melahirkan para pemimpin bangsa, khusnya presiden dan wakil presiden.

Oleh karena itu, penurunan ambang batas calon presiden, dikatakan Habib, bisa memberi kesempatan untuk memunculkan calon pemimpin bangsa yang lebih bervariasi.

"PKS menyerukan kepada partai politik lain untuk menggugat presidential threshold 20 persen agar dapat diturunkan," ucap Habib.

Sebagai informasi, acara Milad PKS ke-20 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (29/5), dihadiri juga oleh para tokoh dari beberapa parpol. Di antaranya, yakni Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Wakil Ketua Umum Golkar Firman Soebagyo, Sekjen PPP Arwani Thomafi, Ketua Fraksi Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), serta Wakil Ketua DPR RI fraksi NasDem Rahmat Gobel.

Selain itu, ada juga tokoh bangsa yang hadir seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Menparekraf Sandiaga Uno.

Tag : #presiden pks    #ahmad    #syaikhu    #politik    #presidential threshold    #mahkamah konstitusi   

Baca Juga