Pelaku pencurian kota amal di mesjid Al Maaruf (tribun medan/ho)

Pura-Pura Sholat, Pria Ini Curi Kotak Amal Masjid

Sarah | Daerah | 24-01-2022

PARBOABOA, Medan - Aksi pencurian kotak amal tertangkap CCTV Masjid Al Maaruf, Kelurahan Sei Siskambing, Kecamatan Helvetia, Kota Medan.

Dalam rekaman CCTV, terlihat seorang pria sedang berpura pura melaksanakan sholat di samping kotak infaq. Sambil memantau keadaan mesjid, pria itu mengambil linggis dari tas samping yang berwana abu abu. Lalu Pria itu kemudian mecongkel kotak amal dengan cara merusak gembok dan membawa kabur uang yang ada dalam kotak amal tersebut.

Menurut informasi yang dihimpun, kejadian tersebut berlangsung pada Sabtu (22/1/2022) sekitar pukul 11.15 WIB. Aksi pencurian itu diketahui oleh pengurus masjid, Alamsyah Gombang setelah melihat gembok dari kota infaq rusak. Setelah melihat rekaman CCTV, mereka mendapati jika kotak amal tersebut telah dibongkar. Selanjutnya kejadian itu dilaporkan ke Polsek Helvitia.

Kapolsek Helvetia Heri Sihombing mengatakan, berdasarkan keterangan pelapor awalnya kejadian itu dilaporkan oleh jemaah mesjid ketika selesai shalat dzuhur. Ketika itu kondisi kotak amal telah rusak lalu korban melakukan pengecekan CCTV ternyata kotak amal mesjid telah dibongkar pelaku dengan merusak gembok.

Heri juga menyebutkan, dalam aksinya, pelaku berpura pura sedang sholat sambil mengawasi keadaan mesjid. Setelah mengetahui mesjid dalam keadaan tidak ada orang, pelaku lalu membongkar paksa kota amal tersebut dan membawa kabur uang yang di dalamnya.

Usai mengambil uang kotak amal, pelaku langsung kabur menggunakan sepeda motor matic yang terparkir di luar mesjid. Diperkirakan ada sekitar Rp. 500 ribu uang yang berada di dalam kotak amal yang sudah hilang.

Heri mengatakan, saat ini petugas masih menyelidiki kasus itu dan mencari keberadaan pelaku yang nekat mencuri amal di mesjid tersebut.

"Saat ini masih dalam pengejaran kepolisian karena yang bersangkutan masih belum kita temukan keberadaannya," tutup Heri, Senin (24/1/2022).

Tag : #pencurian kotak amal    #masjid maaruf    #polsek helvetia    #medan    #daerah   

Baca Juga