César Ortiz ditangkap kembali setelah usahanya melarikan diri gagal. Oddity Central

Pria Paraguay Kabur dari Penjara dengan Menyamar sebagai Perempuan

Dion | Internasional | 06-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Dalam beberapa hari terakhir, seluruh tajuk utama media massa di Paraguay dipenuhi oleh tulisan "Gordito lindo" atau "Si gendut imut". 

Julukan itu diberikan kepada seorang narapidana yang sukses kabur dari penjara dengan menyamar sebagai perempuan. 

Dilansir Oddity Central, Senin (6/6/2022), César Ortiz meloloskan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tacumbú, Paraguay, dengan cara unik dan terbilang berani. 

Pemimpin geng kriminal Rotela itu menyamar sebagai seorang perempuan dan berjalan keluar melalui pintu utama LP tanpa halangan. 

Ia dijuluki "Si gendut imut" karena menyamar sebagai perempuan guna menipu sipir penjara. Dan memang kebetulan tubuh pria itu cukup lebar. 
 
Dari sejumlah foto dan video yang dirilis otoritas Paraguay menunjukkan sang napi mengenakan rambut palsu panjang, bulu mata palsu, lipstick, kuku panjang, dan pakaian perempuan. Atas dasar itulah julukan "Si gendut imut" akhirnya melekat. 

Ortiz melakukan aksinya setelah menerima kunjungan dari seorang wanita. Ia masuk ke ruang pertemuan suami-istri dan keluar dengan mengenakan pakaian perempuan. 

Tak disangka, ternyata usahanya itu berhasil menipu para sipir LP di beberapa pos, termasuk pos penjagaan di pintu masuk utama. 

Dalam rekaman CCTV, Ortiz terlihat berjalan melalui pintu utama LP sembari membawa beberapa tas dan mengenakan masker. 

Namun demikian, meski usahanya melarikan diri itu lebih gampang dari dugaannya, Ortiz beberapa jam kemudian bisa ditangkap lagi. Dan ia kemudian dijadwalkan untuk dipindahkan ke LP lain demi alasan keamanan. 

César Ortiz sebelumnya dipenjara selama tiga tahun sembilan bulan atas tuduhan penyerangan dan perampokan. Namun, usai aksinya kemarin, hukumannya dipastikan semakin berat. 

Otoritas setempat langsung menyelidiki bagaimana usaha meloloskan diri Ortiz bisa dilakukan dengan mudahnya. Dan para sipir penjara yang saat itu bertugas di gerbang utama juga telah diskors. 

Ini bukan pertama kalinya seorang napi melarikan dengan cara yg tak lazim. Beberapa tahun lalu ada seorang napi yang berusaha meloloskan diri dengan melipat tubuhnya sedemikian rupa di dalam kopor yang dibawa pacarnya. 

Lalu ada lagi seorang pria yang menyamar menyerupai putrinya yang masih remaja dan seorang pria Turki yang bertukar tempat dengan kembaran identiknya. 

Tag : #narapidana    #paraguay    #internasional    #césar ortiz    #penjara   

Baca Juga