Pelatih Villarreal, Unai Emery (Foto: Twitter/@unaiemery)

Profil 4 Pelatih Yang Berhasil Menembus Semifinal Liga Champions 2021/2022

Michael | Sepakbola | 14-04-2022

Parboaboa.com – Liga Champions musim ini telah memasuki babak semifinal. Terdapat empat tim Eropa yang berhasil menembus babak empat besar, yakni Villarreal, Real Madrid, Liverpool, dan Manchester City.

Villarreal menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Liga Champions. Dani Parejo dan kawan-kawan mampu menahan Bayern Munchen dengan skor 1-1 pada leg kedua di Allianz Arena. Villarreal pun menang dengan skor agregat 2-1.

Berselang 30 menit setelah lolosnya Villarreal, Real Madrid berhasil menyusul. Los Blancos harus berjuang hingga babak tambahan waktu untuk menang agregat 5-4 atas Chelsea. Karim Benzema mencetak empat dari lima gol Madrid ke gawang The Blues.

Pada Kamis (14/4/2022) dini hari WIB, giliran Liverpool dan Manchester City yang lolos ke semifinal. Liverpool mendapat perlawanan sengit dari Benfica dan unggul agregat 6-4. Sementara itu, Manchester City ditahan imbang 0-0 oleh Atletico Madrid, namun unggul agregat 1-0 dari pertemuan pertama.

Dua tim dari Spanyol dan dua tim dari Inggris akan berhadapan di semifinal Liga Champions 2021/2022. Berikut ini adalah profil singkat masing-masing pelatih dari empat tim tersebut.

Pep Guardiola (Manchester City)

Asal: Spanyol
Usia: 51 tahun
Klub: Manchester City

Liga Champions menjadi obsesi besar bagi Pep Guardiola dan Manchester City. Pep belum pernah meraih gelar Liga Champions sejak terakhir meraihnya bersama Barcelona pada musim 2008/2009 dan 2010/2011. Sementara, The Citizens sama sekali belum pernah juara.

Pep dan Manchester City melaju ke final Liga Champions pada musim 2020/2021 lalu. Tapi, kalah dari Chelsea di laga final.

Jika mengacu pada pola yang terjadi sejak musim 2018/2019, maka Pep akan membawa pulang trofi Liga Champions musim ini. Sebab, sejak musim itu, pelatih yang timnya kalah pada final Liga Champions akan menjadi juara pada edisi berikutnya.

Jurgen Klopp (Liverpool)

Asal: Jerman
Usia: 54 tahun
Klub: Liverpool

Final musim 2021/2022 akan menjadi final keempat bagi Klopp. Dari empat final itu, Klopp punya satu gelar juara. Gelar itu didapat ketika Klopp memimpin Liverpool di final edisi musim 2018/2019 lalu.

Klopp punya pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi juara Liga Champions. Hanya saja, ada catatan yang penting untuk diperhatikan. Dari empat laga final kompetisi tertinggi Eropa, Klopp hanya meraih satu gelar juara.

Tapi, Klopp punya skuad yang mewah untuk bersaing di Liga Champions musim ini. Kedatangan Luis Diaz membuat Klopp semakin leluasa melakukan rotasi dan membuat beberapa alternatif komposisi di lini serang.

Carlo Ancelotti (Real Madrid)

Asal: Italia
Usia: 62 tahun
Klub: Real Madrid

Ancelotti menjadi pelatih paling tua di semifinal Liga Champions. Ancelotti juga punya torehan yang impresif. Dia adalah pelatih yang melaju ke semifinal Liga Champions pada empat dekade berbeda.

Ancelotti sudah mencapai semifinal Liga Champions sejak era 1990an bersama Juventus. Ia juga punya tiga gelar juara Liga Champions, paling banyak dibanding tiga pelatih yang lolos ke semifinal.

Reputasi Ancelotti sempat dianggap menurun ketika kehilangan kursi kepelatihan di Bayern Munchen. Ancelotti juga tidak cukup sukses bersama Napoli dan Everton. Tapi, sejak kembali ke Madrid, keahlian Ancelotti menjadi juru taktik muncul kembali.

Unai Emery (Villarreal)

Asal: Spanyol
Usia: 50 tahun
Klub: Villarreal

Unai Emery adalah pelatih paling muda di semifinal Liga Champions. Tapi, dia punya trofi level Eropa paling banyak. Emery punya empat gelar juara Liga Europa, mayoritas diraih bersama Sevilla. Musim lalu, Emery membawa Villarreal menjadi juara Liga Europa.

Hanya saja, ‘sang raja’ Liga Europa belum pernah menjadi juara Liga Champions. Emery pernah punya misi menjadi juara Liga Champions ketika ditunjuk sebagai pelatih PSG, tetapi gagal.

Walau belum pernah menjadi juara Liga Champions, Emery bersama Villarreal bisa jadi kuda hitam. Mereka terbukti mampu tampil solid dengan menyingkirkan Juventus dan Bayern Munchen pada babak sebelumnya.

Itulah profil 4 pelatih yang berhasil membawa timnya menembus babak semfinal Liga Champions 2021/2022.

Tag : #liga champions    #semifinal    #sepakbola    #pep guardiola    #jurgen klopp    #carlo ancelotti    #unai emery   

Baca Juga