Ronaldo Kwateh, Wonderkid Madura United dan Timnas Indonesia (Sumber Foto: Instagram/Warta Kota)

Profil dan Biodata Lengkap Ronaldo Kwateh, Pemain Termuda Timnas Indonesia

Michael | Sepakbola | 28-01-2022

Parboaboa.com – Ronaldo Kwateh menjadi pemain termuda yang menjalani debut bersama Timnas Indonesia, yakni 17 tahun, 3 bulan, dan 8 hari, memecahkan rekor Asnawi Mangkualam sejak 21 Maret 2017.

Artikel ini akan memuat profil dan bioadata lengkap Ronaldo Kwateh yang menjadi pemain termuda di Timnas Indonesia.

Ronaldo Kwateh dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday melawan Timor Leste yang berlangsung 27 dan 30 Januari 2022.

Di pertandingan pertama, 27 Januari 2022, Indonesia berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-1. Ronaldo Kwateh pun bermain dipertandingan ini menggantikan Dedik Setiawan di babak kedua.

Gol penyama kedudukan yang dicetak Timnas Indonesia berasal dari kerja sama apik antara Ronaldo Kwateh dan Ricky Kambuaya, dimana berkat operan terukur Ronaldo Kwateh, Ricky Kambuaya berhasil melepaskan tendangan yang membobol gawang dari Timor Leste.

Ronaldo Kwateh pada pertandingan ini bermain dengan impresif, beberapa kali pergerakannya di lini depan Timnas Indonesia mampu merepotkan barisan pertahanan Timor Leste.

Penampilan Ronaldo Kwateh pun mendapatkan perhatian dari penggemar sepakbola Indonesia. Sosoknya pun menjadi bahan pemberitaan dan beberapa kali dirinya tampil sebagai trending topik di Twitter.

Sebagai sosok baru di Timnas Indonesia, profil dan biodata Ronaldo Kwateh pun menjadi hal yang cari banyak penggemar sepakbola Indonesia.

Berikut ini Parboaboa akan berikan profil dan biodata lengkap Ronaldo Kwateh, pemain termuda Timnas Indonesia.

Profil Lengkap Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh lahir di Yogyakarta, 19 Oktober 2004, yang artinya pada tahun 2022 umurnya masih berjalan 17 tahun.

Ronaldo Kwateh sendiri merupakan pemain yang berasal dari Madura United yang memiliki keturunan Liberia.

Darah Liberia yang ada di dalam diri Ronaldo Kwateh berasal dari ayahnya yang bernama Roberto Kwateh yang merupakan pemain sepakbola ternama di negaranya.

Ayahnya Ronaldo Kwateh, Roberto Kwateh merupakan salah satu legenda PSIS Semarang. Sehingga, wajar saja bakat yang dimiliki Ronaldo Kwateh turun dari sang ayah.

Sementara, Ibu Ronaldo Kwateh bernama Citra Rusmawati yang berasal dari Yogyakarta. Ibu Ronaldo Kwateh selalu mendukung keinginan anaknya untuk menjadi seorang pesepakbola profesional mengikuti jejak sang ayah.

Ronaldo Kwateh saat ini memperkuat Madura United yang bermain di Liga 1 Indonesia. Ia didatangkan dari akademi Persib Bandung pada tahun 2021.

Tercatat, Ronaldo Kwateh pernah memperkuat beberapa klub yang memiliki nama di Indonesia, yakni PSIS Semarang, Persib Bandung, Persiba Bantul, PSCS Cilacap, hingga PSIM Yogyakarta.

Karier bagus yang dimiliki Ronaldo Kwateh terjadi berkat dukungan sang ayah, Roberto Kwateh.

Ronaldo Kwateh pernah menimba ilmu di Sekolah Sepak Bola Persiba, dan aktif mengikuti berbagai kejuaraan daerah.

Bersama Tim Nasional Indonesia, Ronaldo Kwateh pernah ikut serta kedalam pemusatan latihan Indonesia U-16 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada 16-29 November 2020.

Pemusatan latihan yang diikuti Ronaldo Kwateh pada saat itu merupakan rangkaian persiapan Indonesia U-16 untuk menjalani putaran final Piala AFC U-16 pada 2021 di Bahrain.

Bukan hanya menjadi bagian Indonesia U-16 saja, Ronaldo Kwateh turut serta juga kedalam skuad Indonesia U-18.

Bersama Indonesia U-18, penampilan Ronaldo Kwateh mencuri perhatian publik. Menjalani pemusatan latihan di Turki. Indonesia U-18 menjalani pertandingan uji coba dengan salah satu klub lokal, Antalyaspor.

Di pertandingan uji coba tersebut, Indonesia U-18 berhasil menang 3-1 atas Antalyaspor, Minggu (21/11/2021), dimana Ronaldo Kwateh berhasil mencetak dua gol.

Kemudian pada uji coba pertandingan terakhir MMK Football Club, Sabtu (27/11/2021), Ronaldo Kwateh sukses mencetak satu gol dalam kemenangan 2-1 Indonesia U-18.

Dan yang terbaru, Ronaldo Kwateh dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti FIFA Matchday berhadapan dengan Timor Leste.

Shin Tae-yon memang sosok pelatih yang mengutamakan pengembangan pemain usia muda. Terbukti, pada saat Piala AFF 2020 yang digelar tahun 2021 di Singapura. Skuad Timnas Indonesia dipenuhi oleh pemain-pemain muda yang berbakat, sebut saja seperti Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam dan Witan Sulaeman.

Saat ini, Ronaldo Kwateh mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya di hadapan pendukung Indonesia. Meski baru bermain di babak kedua saat berjumpa Timor Leste, Ronaldo Kwateh mampu memberikan warna serangan yang berbeda saat dimainkan menggantikan Dedik Setiawan.

Berkat kemampuan dan bakat alami yang dimiliki Ronaldo Kwateh, Indonesia mampu mengalahkan Timor Leste dengan skor menyakinkan 4-1.

Ronaldo Kwateh pun diharapakan dapat dimainkan sejak menit awal pertandingan, saat bertemu Timor Leste pada pertandingan FIFA Matchday kedua yang akan berlangsung pada 30 Januari 2022.

Ronaldo Kwateh sendiri bermain untuk klub Liga 1, Madura United. Bersama Madura United dirinya telah memainkan 7 pertandingan dan belum mencetak gol.

Bersama Madura United, Ronaldo Kwateh diharapkan mampu mengembangkan bakat dan kemampuannya, apalagi saat ini Madura United diperkuat penyerang haus gol yang pernah mendapatkan gelar top skor di liga utama Indonesia, Beto Goncalves.

Biodata Lengkap Ronaldo Kwateh

  • Nama Lengkap: Ronaldo Joybera Junior Kwateh 
  • Nama Panggilan: Ronaldo Kwateh
  • Tempat Tanggal Lahir: Yogyakarta, 19 Oktober 2004
  • Agama: Kristen
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Umur Saat Ini: 17 tahun
  • Tinggi: 165 cm
  • Posisi: Penyerang Tengah, Winger
  • Klub Saat Ini: Madura United
  • Kaki Dominan: Kanan
  • Zodiak: Libra
  • Nomor Punggung: 77 (Madura United), 10 (Indonesia)
  • Nama Ayah: Roberto Kwateh
  • Nama Ibu: Citra Rusmawati
  • Keturunan: Liberia
  • Instagram: @ronaldokwateh7

Karier Klub Junior: 

  • 2017-2018 - SSB Pendowoharjo Bantul 
  • 2019-2020 - Persib Bandung 

Karier Klub Senior: 

  • 2021-sekarang - Madura United

Demikian profil dan biodata lengkap Ronaldo Kwateh, pemain termuda Timnas Indonesia yang telah Parboaboa rangkum dari berbagai sumber terpercaya.
 

Tag : #ronaldo kwateh    #bri liga 1    #timnas indonesia    #shin tae yong    #madura united    #fifa matchday   

Baca Juga