Profil Deddy Mizwar, Lengkap dengan Perjalanan Kariernya

Sarah | Biografi | 23-01-2023

Profil dan perjalanan karier Profil Deddy Mizwar, lengkap dengan perhargaannya (Foto: Instagram@deddy_mizwar)

PARBOABOA - Hai sahabat, kembali lagi dengan Parboaboa. Buat kamu pencinta film mungkin sudah tak asing ya dengan nama Deddy Mizwar. Deddy Mizwar merupakan aktor, sutradara dan politikus Indonesia yang berasal dari keturunan Belanda, Betawi dan Bugis, Sulawesi Selatan.

Sempat bekerja sebagai pegawai dinas kesehatan, Deddy Mizwar banting setir ke dunia peran. Ia menuai sukses sebagai aktor film dengan peran si naga bonar. Popularitas artisnya pun mengantarkan dirinya menjadi wakil gubernur Jawa Barat.

Aktor senior yang kerap menghiasi layar TV dan bioskop ini memang tidak diragukan lagi sepak terjangnya di dunia hiburan tanah air.

Selain membintangi >40 judul film, ia juga kerap berperan sebagai produser, sutradara, dan penulis naskah, loh.

Ingin tahu lebih dalam mengenai Deddy Mizwar? Yaudah, yuk ikuti ulasan Parboaboa di bawah ini!

Profil Deddy Mizwar

Deddy Mizwar adalah anak keempat dari 7 bersaudara, pasangan H. Adrian Andreas dan Sun’ah. Pria keturunan Belanda, Betawi dan Bugis ini lahir di Jakarta, 5 Maret 1955. Darah Belanda mengalir di tubuhnya lantaran sang ayah yang merupakan keturunan Belanda-Betawi, sedangkan ibunya merupakan keturunan Betawi-Bugis.

Deddy dikenal sebagai aktor senior yang kerap membintangi film dan sinetron Indonesia. Hingga kini, tercatat ada 77 film dan 16 sinetron yang pernah dibintanginya.

Selain menjadi aktor, pria berusia 67 tahun ini juga berperan sebagai produser, sutradara, dan penulis naskah. Film terbaru yang disutradarai dan diproduseri olehnya berjudul Naga Naga Naga yang dirilis pada 16 Juni 2022 silam. Film bergenre drama komedi ini menggandeng Tora Sudiro, Beby Tsabina, dan dirinya sendiri sebagai pemeran utama.

Kecintaan Deddy pada kesenian dan budaya lokal semakin tidak diragukan lagi setalah melihat peran-peran yang dibawakannya. Ia kerap dipilih menjadi karakter yang bersifat penyayang, sederhana, bijaksana, dan religious seperti karakter di serial animasi anak Indonesia, Adit Sopo Jarwo.

Kemapuannya dalam memerankan karakter diturunkan dari sang ibu yang punya latar belakang seni dan pernah menjadi ketua sanggar seni Betawi.

Sadar akan ketertarikannya pada dunia seni peran, ia pun mengasah kemampuannya dengan bergabung di Teater Remaja Jakarta pada tahun 1973.

Deddy Mizwar menikah dengan R. Giselawati Wiranegara pada tahun 1986. Mereka dikaruniai 2 anak bernama Senandung Nacita dan Zulfikar Rakita Dewa.

Darah seni sedikit banyak turun ke sang putri, Senandung Nacita, dimana ia berhasil terpilih menjadi pasangan Abang None Jakarta 2009. Sedangkan putranya, Zulfikar, memilih jalur karier yang berbeda dari kedua orang tuanya yakni sebagai anggota TNI AD.

Perjalanan Karier Deddy Mizwar

Deddy Mizwar awalnya berprofesi sebagai PNS di Dinas Kesehatan DKI Jakarta selama 2 tahun, lalu memutuskan mengundurkan diri. Kemudian, ia terjun ke dunia seni peran lewat debutnya di film Gaun Pengantin (1974) di usianya yang baru menginjak 19 tahun.

Selang 2 tahun dari film pertamanya itu, ia mendapat tawaran film lagi di tahun 1976 berjudul Menanti Kelahiran dan Cinta Abadi. Meski sudah membintangi >20 judul film hingga tahun 1986, nama Deddy Mizwar belum dikenal publik secara luas seperti saat ini.

Hingga akhirnya ia dipilih sebagai aktor di film Nagabonar sebagai karakter Nagabonar pada tahun 1986 dan namanya langsung melejit di jagad perfilman Indonesia. Perjalanan kariernya pun semakin mulus dengan banyaknya tawaran main film dan sinetron hingga sekarang.

Bahkan di usia senjanya ini, Deddy masih kerap digandeng PH untuk berperan jadi karakter orang tua yang bijaksana.

Penghargaan Deddy Mizwar

  • Pemeran Pria Terbaik FFI dalam Arie Hanggara (1986)
  • Pemeran Pembantu Pria Terbaik FFI dalam Opera Jakarta (1986)
  • Pemeran Pria Terbaik FFI dalam Naga Bonar (1987)
  • Pemeran Pembantu Pria Terbaik FFI dalam Kuberikan Segalanya (1987)
  • Pemeran Pembantu Pria Piala Terbaik Piala Vidia FSI dalam Vonis Kepagian (1996)
  • Pemeran Pria Terbaik dan Sutradara Terbaik sekaligus Sinetron Terbaik FSI dalam Mat Angin (1999)
  • Pemeran Pria Terbaik FFI dalam Naga Bonar Jadi 2 (2007)
  • Nominasi FFI (12 kali)
  • Bukan Impian Semusim FFI 1982
  • Sunan Kalijaga FFI 1984
  • Saat-saat Kau Berbaring Di dadaku FFI 1985
  • Kerikil-kerikil Tajam FFI 1985
  • Kejarlah Daku Kau Kutangkap FFI 1986
  • Ayahku FFI 1988
  • Putihnya Duka Kelabunya Bahagia FFI 1989
  • Dua Dari Tiga Lelaki FFI 1990
  • Jangan Renggut Cintaku FFI 1990

Oke sahabat Parboaboa, itulah profil Deddy Mizwar lengkap dengan perjalanan karier dan perhargaan yang ia capai.

Tag : #profil    #deddy mizwar    #biografi    #produser    #sutradara    #aktor   

Baca Juga