Education City Stadium, Al Rayyan (Foto: goalzz.com)

Profil Stadion Piala Dunia 2022 Qatar: Educational City Stadium

Michael | Sepakbola | 16-07-2022

PARBOABOA – Qatar menyediakan dua stadion yang berada dalam kota Al-Rayyan untuk menggelar Piala Dunia 2022. Salah satunya adalah Educational City Stadium.

Stadion ini mulai dibangun sejak 2016 silam. Proses pengerjaannya baru selesai dan dibuka secara resmi pada akhir tahun 2020.

Educational City Stadium jadi stadion ketiga yang pembangunannya cepat selesai. Sejumlah pertandingan resmi juga pernah dilangsungkan menggunakan stadion ini.

Salah satunya adalah laga semifinal Liverpool pada gelaran FIFA Club World Cup 2019. Selain itu, stadion ini juga pernah dipakai selama ajang FIFA Arab Cup 2021.

Educational City Stadium memiliki kapasitas yang dapat menampung 45.350 penonton di dalam stadion.

Dinamakan Educational City Stadium karena berlokasi di tengah-tengah beberapa universitas di Qatar Foundation Education City.

Stadion ini berlokasi di Al-Rayyan, yang juga menjadi tempat dibangunnya Khalifa International Stadium.

Education City Stadium mendapat julukan ‘Berlian di Padang Pasir Qatar’. Julukan ini didapatkan karena memiliki pola seperti Diamond (berlian) yang dapat berubah warna seiring pergerakan matahari.

Ketika dibuka secara resmi pada 15 Juni 2020, Education City Stadium sempat menjadi venue laga final Piala Dunia Antarklub tahun 2020 yang mempertemukan Bayern Munchen kontra UANL.

Pada tahun 2019, stadion ini menerima bintang lima dari Global Sustainability Assessment System (GSAS), karena desainnya yang ramah lingkungan dan mengadopsi sistem berkelanjutan.

Material yang digunakan untuk membangun stadion ini dinilai memiliki kandungan toksik yang rendah. Selain itu, 85 persen bahan bangunan berasal dari kawasan setempat, sementara 29 persen dihasilkan dari bahan daur ulang.

Stadion ini juga memiliki sensor karbon dioksida untuk mematikan ventilasi dan kualitas udara di dalam ruangan.

Education City Stadium pun dirancang agar para pengguna meminimalkan konsumsi air.

Penonton yang datang ke stadion ini akan melihat bagaimana kesadaran menciptakan lingkungan minim polusi dimulai bahkan sebelum mereka tiba.

Para pengunjung dapat menggunakan transportasi publik, Metro Doha untuk menuju Education City Stadium.

Halte Education City sendiri berlokasi hanya 500 meter dari stadion.

Dengan menggunakan transportasi publik, maka jumlah kendaraan yang datang ke stadion akan berkurang drastis pada saat pertandingan.

Selain itu, Education City Stadium juga menyediakan jalur sepeda serta parkiran sepeda di seluruh kawasannya, sehingga mendorong masyarakat untuk memilih transportasi yang lebih baik bagi mereka dan lingkungan.

Setelah Piala Dunia 2022 Qatar selesai, kapasitas stadion ini akan berkurang menjadi hanya sekitar 20 ribuan kursi.

The Supreme Committee for Delivery and Legal (SC) berencana menyumbangkan kelebihan kursi tersebut ke negara-negara yang kekurangan infrastruktur olahraga.

Dengan demikian peninggalan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 akan terasa hingga ke seluruh penjuru dunia.

Karena berlokasi di pusat pendidikan dan penelitian Qatar, maka Education City Stadium juga diharapkan akan memberikan fasilitas olahraga kepada komunitas sekitar, termasuk universitas dan mahasiswa.

Stadion ini direncanakan bisa diubah menjadi ruang kelas dan ruang acara untuk sekolah maupun universitas setelah turnamen berakhir.

Education City Stadium akan melangsungkan delapan pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar, termasuk babak 16 besar dan perempat final.

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar di Education City Stadium

  • 22 November 2022: Denmark vs Tunisia (Grup D)
  • 24 November 2022: Uruguay vs Korea Selatan (Grup H)
  • 26 November 2022: Polandia vs Arab Saudi (Grup C)
  • 28 November 2022: Korea Selayan vs Ghana (Grup H)
  • 30 November 2022: Tunisia vs Prancis (Grup D)
  • 2 Desember 2022: Korea Selatan vs Portugal (Grup H)
  • 6 Desember: Pemenang Grup F vs Runner-Up Grup E (Babak 16 besar)
  • 9 Desember: Pemenang Laga 53 vs Pemenang Laga 54 (Perempat final)
     
Tag : #stadion piala dunia 2022    #piala dunia 2022    #sepakbola    #education city stadium    #al rayyan    #qatar    #fifa   

Baca Juga