Ze Valente mencetak gol kemenangan PSS Sleman atas Dewa United (Foto: Twitter/@PSSleman)

Hasil Piala Presiden 2022: Menang Atas Dewa United, PSS Sleman Temani PSIS ke Perempat Final

Michael | Sepakbola | 27-06-2022

PARBOABOA – PSS Sleman berhasil menutup perjalanan di Grup A Piala Presiden 2022 dengan manis. Di laga pamungkas yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada Senin (27/6/2022), Elang Jawa menang 1-0 atas Dewa United.

PSS Sleman sangat termotivasi untuk meraih kemenangan di laga ini. Di menit ke-5, PSS memiliki kesempatan penalti setelah Dave Mustaine terjatuh di area terlarang. Namun, wasit Arfan Efendi tidak menganggap demikian.

Dewa United terpaksa melakukan pergantian cepat di menit ke-21. Feby Eka Putra mengalami cedera dan harus digantikan dengan Theo Numberi.

Peluang pertama PSS Sleman hadir di menit ke-23. Syaiful Ramadan melepaskan tendangan keras dari sisi kanan pertahanan Dewa United. Namun, bola masih sedikit menyamping.

Karim Rossi mengancam gawang PSS dengan tandukannya pada menit ke-28. Beruntung, sundulan pemain asal Swiss itu masih terlalu pelan.

Gelandang terbaru PSS Sleman, Ze Valente memiliki peluang dari tendangan bebas pada menit ke-43. Sayangnya, tembakan pemain asal Portugal itu masih terlalu pelan.

Dua menit kemudian, peluang kembali hadir untuk PSS. Kali ini lewat aksi Boaz Solossa. Tembakan Boaz cukup keras dan terukur, tapi Syaiful mampu menangkapnya dengan baik.

Tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama selesai. Kedua tim bermain imbang 0-0 menuju kamar ganti.

Peluang pertama di babak kedua baru terjadi di menit ke-57. Tembakan Komarudin dari jarak dekat tidak terlalu sempurna. Syaiful dengan mudah mengamankan bola.

Pelatih Dewa United, Nil Maizar tampaknya menginginkan adanya perubahan dalam permainan tim asuhannya. Di menit ke-66, Miftah Sani keluar dan digantikan Gufroni Al Maruf. Karim Rossi pun keluar untuk memberi jam terbang kepada Rishadi Fauzi.

Seto langsung merespon strategi baru Nil Maizar itu. Beberapa menit kemudian, Seto memasukkan Rifqy Suryawan dan Riki Dwi Saputro. Keduanya masuk menggantikan posisi Komarudin dan Boaz Solossa.

Kebuntuan di laga ini akhirnya pecah di menit ke-71. Memanfaatkan situasi tendangan bebas, Ze Valente mampu membobol gawang Dewa United melalui tembakan kaki kiri.

Ze Valente nyari mencetak gol keduanya pada menit ke-74. Kali ini Syaiful masih bisa menepis tembakan bola yang dilakukan pemain Portugal itu.

Dewa United harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-84. Rishadi Fauzi yang baru masuk di babak kedua tidak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera. Sementara Dewa sudah melakukan lima pergantian pemain.

Skor 1-0 untuk keunggulan PSS Sleman bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat pasukan Seto Nurdiyantoro memiliki tujuh poin, tertinggal tiga poin dari PSIS.

PSS Sleman berhak melaju ke babak perempat final. Mereka akan menghadapi Persib Bandung di babak tersebut.

Susunan Pemain PSS Sleman vs Dewa United

  • PSS Sleman (4-3-3): Muhammad Ridwan (Kiper), Bagus Nirwanto (C), Marckho Sandi, Purwaka Yudhi, Syaiful Ramadhan (Belakang), Ze Valente, Manda Cingi, Dave Mustaine (Tengah), Komarudin, Boaz Solossa, Todd Rivaldo Ferre (Depan).
  • Pelatih: Seto Nurdiyantoro
  • Dewa United (4-3-3): Syaiful (Kiper), Akbar Zakaria, Mokhamad Syaifuddin, Risto Mitrevski, Miftah Anwar Sani (Belakang), Lucas Ramos, Asep Berlian (C), Feby Eka (Tengah), Nathanael Siringoringo, Karim Rossi, Fahmi Al Ayyubi (Depan).
  • Pelatih: Nilmaizar
     
Tag : #piala presiden 2022    #bri liga 1    #sepakbola    #dewa united    #pss sleman   

Baca Juga