Pemberlakuan Jalan Satu Arah Saat Libur Maulid Nabi, Jalur Puncak Macet di Sejumlah Titik

Desy | Metropolitan | 08-10-2022

Situasi ruas jalan dari arah Jakarta ke Puncak Bogor, Sabtu (08/10/2022). (Foto: Parboaboa/Desy)

PARBOABOA, Jakarta – Sejumlah titik jalan ke arah Puncak, Bogor macet total akibat pemberlakuan jalan satu arah (one way) ke Jakarta yang diterapkan sejak pukul 08.00 WIB hari ini Sabtu (08/10/2022), bertepatan dengan hari libur Maulid Nabi.

"Sedang one way ke arah bawah. Kendaraan menuju Puncak tidak bisa (melintas)," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata.

Sementara kendaraan yang melintas dari arah Cianjur dihentikan di Puncak karena kedua ruas jalan digunakan oleh kendaraan dari Jakarta/Bogor sehingga menyebabkan kemacetan di sejumlah titik seperti ruas jalan Simpang Megamendung, Pasar Cisarua, dan Taman Safari.

"Titik kemacetan di Megamendung, Taman Safari, Pasar Cisarua," ujarnya.

Adapun kendaraan yang melintas, sebagian besar adalah bus, kendaraan pribadi dan sepeda motor yang menuju ke tempat wisata.

Untuk durasi, Dicky mengatakan kemungkinan pemberlakuan jalan satu arah ini akan berakhir sekitar pukul 17.00 WIB.

"Sore kemungkinan one way sampai pukul 17.00 WIB," ucapnya.

Senada dengan Dicky, Kepala Urusan pembinaan Operasi (KBO) Lantas Polres Bogor, Iptu Ketut Laswarjana memaparkan durasi diberlakukannya jalan satu arah ini tergantung situasi dan kondisi di lapangan.

"Bisa 3 hingga 4 jam, kita lihat situasi di lapangan," kata Ketut.

Selain karena pemberlakuan jalan satu arah, kemacetan juga disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur kawasan ruas jalan menuju Puncak, Bogor.

Ketut pun menghimbau kepada para pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan tetap berada di jalurnya, guna mencegah titik kemacetan yang baru.

Editor : -

Tag : #dicky pranata    #polres bogor    #metropolitan    #jalan puncak    #one way   

BACA JUGA