Ralf Rangnick akan menjadi pelatih baru timnas Austria hingga 2024 mendatang (Foto: Instagram/@oefb_1904)

Double Job! Ralf Rangnick Jadi Pelatih Timnas Austria

Michael | Sepakbola | 29-04-2022

PARBOABOA – Ralf Rangnick akan memegang dua jabatan setelah musim 2021/2022 ini berakhir. Selain menjadi konsultan di Manchester United, Rangnick juga dipilih sebagai pelatih baru timnas Austria. Hal ini dikonfirmasi Austria dan Manchester United lewat situs resminya, Jumat (29/4/2022) petang WIB.

Rangnick merupakan pelatih interim Manchester United untuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer yang diberhentikan pada akhir 2021 lalu. Ia pun diberi kontrak jangka pendek dengan opsi di akhir musim akan menjadi konsultan klub.

Akan tetapi, Federasi Sepak Bola Austria (OFB) baru saja mengumumkan bahwa Rangnick sepakan menjadi pelatih baru timnas Austria mulai 2022 ini.

Rangnick diganjar kontrak selama dua tahun ke depan. Jika hasilnya memuaskan, pria berusia 63 tahun itu akan diberikan perpanjangan selama empat tahun.

Namun, syarat perpanjangan tersebut adalah mengamankan satu slot ke EURO 2024 untuk timnas Austria.

Presiden OFB, Gerhard Milletich sangat senang bisa mengontrak Rangnick. Karena dia adalah pelatih dengan kemampuan luar biasa.

"Kami sangat senang bisa menarik Ralf Rangnick, seorang ahli yang luar biasa dalam sepakbola internasional," kata Milletich, dikutip dari laman resmi OFB.

Pernyataan Resmi Manchester United

Lewat laman resminya, Manchester United juga mengonfirmasi bahwa Ralf Rangnick akan menjadi pelatih baru Austria dan tetap menjabat sebagai konsultan untuk membantu Erik ten Hag hingga 2024 mendatang.

"Pelatih berusia 63 tahun itu akan bergabung dengan Austria di akhir Mei untuk melakoni pertandingan UEFA Nations League dengan Kroasia, Denmark, dan Prancis setelah berakhirnya Liga Inggris 2021/2022," bunyi keterangan di laman resmi MU.

"Dia akan melaksanakan pekerjaannya itu bersamaan dengan peran konsultannya di Old Trafford seperti yang sudah direncanakan setelah Erik ten Hag diumumkan sebagai manajer baru United pada pekan lalu."

Apa yang Dikatakan Ralf Rangnick?

Rangnick mengaku senang mendapatkan kepercayaan besar untuk melatih timnas Austria. Ia mengaku tidak sabar menangani timnas Austria yang diperkuat banyak pemain-pemain muda berbakat

"Saya sangat terhormat bisa mengambil peran sebagai manajer timnas Austria. Prospek bermain di Euro [2024] di Jerman bersama tim muda yang lapar akan kesuksesan membuat saya sangat antusias,"

Meskipun menjadi pelatih baru timnas Austria, Rangnick juga menegaskan bahwa ia tetap akan menjadi konsultan di Manchester United setelah masa jabatan sebagai pelatih interimnya berakhir di musim 2021/2022.

"Saya akan melatih timnas Austria pada akhir musim, namun saya akan melanjutkan peran saya sebagai konsultan Manchester United," kata Rangnick dikutip laman resmi Man United.

"Saya tidak sabar membantu United untuk menjadi tim yang perkasa sekali lagi," ungkap dia.

Ralf Rangnick Sempat Menghindar Saat Ditanya Menjadi Pelatih Austria

Sebelum pernyataan resmi tersebut, Ralf Rangnick sempat menghindar dari pertanyaan menjadi pelatih timnas Austria seusai laga Manchester United vs Chelsea, Jumat (29/4) dini hari WIB.

"Mari kita bicara malam ini tentang Manchester United, ini masalahnya," kata Rangnick seperti dikutip dari Sky Sports

"Saya dapat memastikan bahwa saya pasti akan melanjutkan peran konsultan," tegasnya.
 

Tag : #ralf rangnick    #manchester united    #sepakbola    #timnas austria    #liga inggris   

Baca Juga