Ratu Margrethe II dari Denmark (Foto: Reuters/John Sibley)

Ratu Denmark Mendadak Copot Gelar Kerajaan 4 Cucunya

Maharani | Internasional | 30-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Ratu Denmark, Margrethe II mendadak mencabut gelar kerajaan dari keempat cucunya. Ini merupakan langkah yang serupa dengan keluarga kerajaan lain di Eropa untuk merampingkan monarki mereka.

Dalam keputusan itu, anak-anak dari Pangeran Joachim, yakni Pangeran Nikolai (23), Pangeran Felix (20), Pangeran Henrik (13), dan Putri Athena (10) tidak lagi memiliki gelar pangeran atau putri, atau gelar yang mulia di awal tahun 2023. 

Mereka nantinya akan dikenal sebagai His Excellency Count of Monpezat dan Her Excellency Countess of Monpezat. Bukan karena perselisihan atau hal-hal negatif, namun hal itu bertujuan untuk memberikan kehidupan sebagai orang biasa.

"Mulai 1 Januari 2023, keturunan Yang Mulia Pangeran Joachim hanya akan dapat menggunakan gelar Count dan Countess of Monpezat mereka, tidak ada lagi gelar Pangeran dan Putri Denmark mereka sebelumnya," tulis istana kerajaan pada Rabu (28/09/2022) .

Walaupun demikian, mereka akan tetap mempertahankan tempat mereka dalam urutan suksesi. Diketahui, keempatnya berada di urutan ketujuh hingga kesepuluh dalam garis tahta Kerajaan Denmark.

"Dengan keputusannya, Yang Mulia Ratu ingin membuat kerangka kerja untuk keempat cucu, pada tingkat yang jauh lebih besar, agar dapat membentuk kehidupan mereka sendiri tanpa dibatasi pertimbangan dan kewajiban khusus yang berafiliasi formal dengan Royal House sebagai institusi," ujar istana.

Keputusan ratu sejalan dengan perubahan serupa yang dilakukan oleh keluarga kerajaan lainnya dalam berbagai cara di beberapa tahun terakhir.

Tag : #ratu denmark    #margrethe II    #internasional    #keempat cucunya    #pangeran    #putri denmark   

Baca Juga