Rusia usir seorang Diplomat Jepang (Foto: Kabar24)

Diduga Curi Data Rahasia, Rusia Bekuk dan Usir Diplomat Jepang

Dimas | Internasional | 27-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Seorang Kepala Konsulat Jepang, Motoki Tatsunori dibekuk oleh tim inteligen Rusia FSB di kota pelabuhan Vladivostok, lantaran diduga melakukan spionase. Usai ditangkap, diplomat itu sempat ditahan beberapa jam sampai akhirnya diusir keluar dari Rusia.

Berdasarkan keterangan FSB, Tatsunori telah dinyatakan diusir secara tidak hormat setelah tertangkap basah tengah menerima data rahasia tentang efek sanksi Barat atas invasi ke Ukraina pada perekonomian di timur jauh Rusia.

Selain itu, data rahasia tersebut juga menyangkut kerja sama Rusia dengan negara Asia-Pasifik yang tidak disebutkan namanya. FSB mengatakan, data rahasia itu di terima Tatsunori dengan menyuap seseorang.

Atas tindakan Tatsunori tersebut, Moskow telah menyampaikan protes ke Tokyo melalui saluran Diplomatik, kata FSB dilansir dari Reuters.

Di samping itu, Tokyo juga melayangkan protes kerasa sebagai bentuk respons dari penahanan Tatsunori. Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno menagatakan,  akan melakukan tindakan balasan kepada Rusia dalam jumpa pers di Tokyo, Selasa (27/9).

Matsuno menyebutkan, Rusia menahan diplomatnya tersebut dengan cara yang tidak pantas atau mengintimidasi, yakni menutup matanya dan menahannya. Oleh karena itu, Matsuno menganggap hal itu sebagai pelanggaran yang jelas terhadap konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik.

"Konsul yang ditahan tidak terlibat dalam aktivitas ilegal apa pun," kata Matsuno.

Ia jga menambahkan, wakil menteri luar negerinya telah memanggil Duta Besar Rusia untuk Jepang untuk menyampaikan bahwa Jepang akan mengambil langkah yang setara. Jepang juga akan menuntut permintaan maaf resmi dari Rusia atas peristiwa tersebut.

Terakhir, Matsuno menyebutkan bahwa Tatsunori akan kembali ke Jepang dari Rusia pada Rabu (28/9).

Tag : #rusia    #jepang    #internasional    #diplomat    #fsb    #matsuno tatsunori   

Baca Juga