Saat Ini, Rekor Tertinggi Kesembuhan Covid-19 Terjadi Pada 9 Juli

sondang | Kesehatan | 10-07-2021

Kasus Covid-19 memang semakin tinggi jumlahnya. Pada hari Jumat (9/7/2021) hingga pukul 14.00 WIB dilaporkan terjadi penambahan kasus Covid-19 sebanyak 38.124 dengan angka kematian mencapai 871 orang. Namun hari itu juga Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi menyebut angka kesembuhan hari ini mencapai 28.975 orang.

"Kesembuhan tertinggi selama kita menghadapi pandemi ini. Dengan demikian hari ini kita memiliki kasus aktif sebanyak 367.773 kasus," ujar Dedy saat menyampaikan perkembangan terkini implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Jumat (9/7/2021).

Menurutnya, kemampuan menyembuhkan lebih banyak pasien tidak terlepas dari kontribusi masyarakat yang taat peraturan PPKM darurat maupun PPKM mikro, tenaga kesehatan yang berdedikasi tinggi, dan aparat hukum yang menegakkan hukum tanpa pandang bulu.

"Satu lagi faktor pendukung kesembuhan dan kebangkitan kita dari krisis ini yaitu kerja sama dan perhatian negara-negara sahabat yang memasok ventilator, tabung oksigen, konsentrator oksigen, dan vaksin. Baik dengan skema pembelian maupun donasi," kata Dedy.

Dia menambahkan, dalam dua hari lagi rencananya pemerintah mendapat kiriman 3 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat yang dikirim melalui fasilitas COVAX. Sebelumnya pemerintah juga menerima vaksin Astrazeneca dari pemerintah Jepang.

Dedy juga menyampaikan, Koordinator PPKM Darurat yang juga Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar alat tes seperti antigen dapat disediakan di pelabuhan-pelabuhan seperti Bakauheni, Merak, dan Ketapang.

Tag : nasional,kesehatan

Berita Terkait