Samsung Galaxy A Series

Samsung Bakal Pakai Fitur OIS di Seri Galaxy A Tahun Depan

wanovy | Teknologi | 06-09-2021

Samsung dikabarkan mulai menghadirkan fitur Optical Image Stabilization (OIS) pada tahun ini ke dalam kamera utama beberapa perangkat seri Galaxy A kelas menengah, seperti A52 dan A72. Namun, perusahaan akan memperluas fitur tersebut ke seluruh handset seri Galaxy A tahun depan.

Dikutip Gizmochina, Samsung kemungkinan akan menambahkan OIS ke kamera utama pada semua model seri Galaxy A yang akan diluncurkan pada 2022.

Paporan tersebut juga mengatakan bahwa kamera dengan OIS sekitar 15 persen lebih mahal ketimbang kamera yang tidak dibekali fitur tersebut. Akibatnya, dampak penambahan OIS dalam kamera akan dibebankan dalam biaya pembuatan ponsel sekitar 3 persen.

Optical Image Stabilization melibatkan pemasangan sensor gyro pada modul kamera yang menggerakkan lensa ke arah yang berlawanan untuk melawan segala bentuk guncangan atau gerakan, sehingga menjaga stabil. OIS biasanya diterapkan pada kamera belakang utama di sebagian besar ponsel.

Untuk tahun ini, model Galaxy A series yang dilengkapi OIS antara lain Galaxy A72 yang mengemas kamera 64 megapiksel, Galaxy A52 yang juga dilengkapi sensor 64 megapiksel, dan Galaxy A22 4G yang mengemas kamera 48 megapiksel.

Semua model lain dalam seri seperti Galaxy A32 4G/5G, Galaxy A22 5G, dan Galaxy A42 menggunakan fokus otomatis (AF) dengan performa lebih rendah daripada OIS.

Perangkat perusahaan China biasanya menang dalam segi harga dibandingkan dengan penawaran Samsung, namun dengan adanya OIS, handset Samsung memiliki keunggulan dalam kualitas gambar kamera, terutama pada malam hari.

Langkah memperluas OIS ini dinilai sebagai upaya Samsung untuk memperkuat daya saing segmen mid-range. Bahkan Apple diperkirakan akan membawa OIS ke iPhone SE 5G yang dikabarkan akan dirilis akhir tahun ini.

Tag : #teknologi   

Baca Juga