Tangkapan layar video SBY dalam unggahan Instagram.

SBY Sebut masih harus jalani recovery pasca Operasi Kanker Prostat

Maraden | Nasional | 23-11-2021

PARBOABOA – Mantan Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyampaikan kondisi kesehatannya terkait perkembangan proses pengobatan kanker prostat yang sedang dijalaninya di Amerika Serikat.

Hal itu dikatakan SBY dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram mendiang istrinya, @aniyudhoyono, Selasa, 23 November 2021.

SBY mengatakan dirinya telah mengalami tindakan operasi besar pengangkatan prostat dan saat ini dirinya sedang menjalani perawatan pasca operasi yang dilakukan sebelas hari lalu. Sejauh ini, SBY menyebut tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang ia alami sesuai perkiraan medis.

“Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspektasi, baik tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic dan tentunya harapan saya sendiri,” kata SBY.

SBY menuturkan operasi besar yang dijalaninya memiliki sejumlah risiko, mengingat usianya saat ini 72 tahun. Namun, setelah berkonsultasi dengan tim dokter kepresidenan, operasi pengangkatan kanker prostat merupakan tindakan yang paling tepat sesuai kondisinya.

Pihak dokter Mayo Clinic, kata SBY, juga optimistis penyakit yang dideritanya bisa diatasi dan bisa kembali normal. Mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini juga menyatakan dirinya akan mematuhi dan menjalankan apa saja anjuran dokters selayaknya seorang pasien pasca operasi.

“Ini semua akan terjadi dengan pertolongan Tuhan yang maha kuasa, dengan bantuan teknologi, metodologi, keterampilan tim dokter Mayo Clinic, dan yang sebelumnya ditangani tim dokter Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut, SBY juga mengucapkan terima kasih atas doa dari semua pihak dan juga masyarakat Indonesia.

 “Secara khusus saya sangat berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan saudara kami yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Juga kepada Megawati Soekarnoputri, Jusuf Kalla dan Boediyono yang mendoakan saya agar selalu mendapat lindungan dari Allah, kesehatan lahir dan batin, dan terbebas dari penyakit kanker yang sama-sama kita cemaskan,” kata SBY.

SBY kemudian mengatakan dirinya masih akan tetap berada di Rochester, Minesota, Amerika Serikat, untuk menjalani poses recovery selama beberapa waktu mendatang dengan didampingi tim dokter kepresidenan Republik Indonesia.

Tag : #sby    #susilo bambang yudhonoyono    #sby jalani operasi kakner    #sby jalani pemuliha   

Baca Juga