Ilustrasi pendidikan anak usia dini (ipeka)

Selain Menjadi Sarana Pendidikan, Berikut Beberapa Manfaat Penting Masukkan Anak ke PAUD

Dimas | Pendidikan | 22-03-2022

PARBOABOA – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang diperuntukan bagi anak 0-6 tahun. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan rangsangan pendidikan dan membantu pertumbuhan anak agar lebih siap memasuki pendidikan lebih lanjut.

PAUD juga salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan enam perkembangan, yakni agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.

Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini, yaitu:

-Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.

-Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.

Melalui PAUD, anak-anak usia 0-6 tahun bisa memperoleh perawatan dan pendidikan dengan pemberian gizi yang seimbang. Selain itu, juga bisa mendapatkan stimulasi yang bermakna dan mengarah pada pencapaian perkembangan otak anak.

Dilansir dari akun Instagram resmi Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Minggu (20/3/2022), ada sejumlah manfaat PAUD bagi anak, antara lain:

1. Melatih penyesuaian sebelum masuk ke sekolah lanjutan.

2. Melatih keterampilan mengelola emosional.

3. Melatih kemampuan kognitif.

4. Meningkatkan keterampilan sosialisasi.

5. Melatih kemampuan berbahasa dan komunikasi.

6. Mengembangkan karakter anak.

7. Keterampilan fisik dan motorik.

8. Memiliki aktiviras bermain yang seru dan terarah.

Itulah manfaat PAUD bagi anak yang perlu diketahui orang tua. Agar anak- anak usia dini diberikan pendidikan melalui PAUD guna melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dimasa mendatang.

Tag : #paud    #anak    #pendidikan    #disdik    #moral    #sekolah   

Baca Juga