Siapkan Beasiswa, UMJ Bantu Calon Mahasiswa Yatim Piatu Akibat Covid-19.

Siapkan Beasiswa, UMJ Bantu Calon Mahasiswa Yatim Piatu Akibat Covid-19

sondang | | 14-08-2021

PARBOABOA, Jakarta – UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta) menyiapkan beasiswa kuliah gratis bagi anak yatim piatu akibat pandemi covid-19. Ada sebanyak 142 beasiswa disiapkan khusus untuk lulusan SMA sederajat di tahun ajaran baru ini.

Angka 142 tersebut ada alasannya. Menurut Wakil Rektor III Misriandi, pemberian sebanyak 142 Beasiswa yatim piatu merupakan penggabungan angka 76 dan 66.

“Program 142 Beasiswa untuk Yatim Piatu ini murni urusan empati dan peduli. Jika yang melakukan institusi pendidikan seperti UMJ yang merupakan Amal Usaha Muhammadiyah, bukan merupakan hal yang aneh. Beasiswa ini adalah bentuk kemanusiaan kami,“ ujar Rektor UMJ, Ma’mun Murod pada Sabtu (14/8).

Dengan begitu, diharapkan generasi penerus bangsa yang ingin menggapai cita-citanya, bisa tetap bersekolah tinggi.

Angka 142 tersebut ada alasannya. Menurut Wakil Rektor III Misriandi, pemberian sebanyak 142 Beasiswa yatim piatu merupakan penggabungan angka 76 dan 66. Angka 76 merupakan usia kemerdekaan Indonesia tahun ini , dan angka 66 merupakan usia UMJ tahun ini.

Sebelumnya, kebijakan beasiswa yang diberikan UMJ dalam merespon masa pandemi Covid-19 ini sudah diawali dengan kebijakan beasiswa terkait covid dalam dua model. Yaitu yang diperuntukkan untuk Muhammadiyah dan untuk masyakarat umum berupa potongan SPP sebesar 50 persen di semester 1-3.

Lalu potongan SPP semester 1-3 sebesar 50 persen dan di semester 4-8 sebesar 30 persen. Untuk siswa alumni SMA/MA/SMK Muhammadiyah, keluarga besar dan putra/putri kader Muhammadiyah, diberikan beasiswa penuh berupa pembebasan pembayaran uang kuliah semester 1-8.

Tag : #pendidikan    #daerah    #nasional   

Baca Juga