banjir yang terjadi di kabupaten Nias.

Sungai Meluap, Banjir di Nias Merendam Hingga Ratusan Rumah Warga

sondang | Daerah | 18-08-2021

PARBOABOA, Nias Akibat curah hujan yang cukup tinggi, Sungai Idano Mola meluap hingga menyebabkan ratusan rumah warga di Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara terendam banjir dalam beberapa hari terakhir.

Ratusan rumah warga yang dihuni kurang lebih 500 kepala keluarga tersebut terendam banjir sejak Senin (16/8) dampak meluapnya Sungai Idano Mola.

Tokoh agama Kabupaten Nias, Pdt. Bethel Ndraha mengatakan bahwa rumah yang terendam banjir hingga saat ini adalah rumah warga yang menuju pesisir Pantai Onolimbu, yakni Desa Legisimahe, Siofaewali, Sohoya dan Tagaule. 

Dia mengaku bahwa Pemerintah Kabupaten Nias sudah memberikan bantuan berupa beras dan kebutuhan lainnya kepada warga. Namun, bantuan tersebut masih sangat kurang untuk menutupi kebutuhan warga.

Sebagian besar warga saat ini mengungsi dan tidur di gereja serta warga yang rumahnya berkaki dan punya loteng tetap tidur di rumahnya.

"Kami harapkan Pemkab Nias membangun dapur umum di halaman gereja yang cukup tinggi dan tidak terendam banjir, sebab sebagian besar warga tidak bisa memasak di rumahnya masing-masing," katanya.

Tag : #bencana-alam    #daerah    #nasional   

Baca Juga