Sekretaris Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Imran (Foto: Dok. DPRD Provinsi Jawa Tengah)

Kemendagri Pastikan Tahapan Pemilu 2024 Dimulai 14 Juni 2022

Sondang | Politik | 07-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) mengonfirmasi bahwa tahapan Pemilu 2024 dimulai pada 14 Juni 2022.

Sekretaris Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Imran mengatakan bahwa hal ini merujuk pada kesepakatan bersama antara pemerintah, DPR, penyelenggara dan pengawas pemilu yang memutuskan pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Sehingga jika menghitung mundur dua puluh bulan dari tahapan itu maka awal tahapan pemilu jatuh pada 14 Juni 2022," ujar Imran dalam sosialisasi PKPU Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Peserta Pemilu yang digelar secara daring, Kamis (7/4).

Maka dari itu, Imran meminta kepada partai politik (parpol) yang akan mendaftarkan diri menjadi peserta Pemilu 2024 sudah memiliki kepengurusan di setiap provinsi. Termasuk untuk diantisipasi pembentukan pengurus parpol di daerah-daerah yang akan melakukan pemekaran.

Imran juga berharap agar tak ada kendala saat tahapan ini dimulai. Untuk memastikan hal itu, Kemendagri pun menggelar sosialisasi peraturan KPU tentang pendaftaran partai politik peserta pemilu.

"Dengan sosialisasi ini, kita berharap pemahaman para peserta pemilu itu dapat lebih clear dan proses nantinya yang dimulai 14 Juni yang akan datang tidak mengalami kendala yang berarti," kata Imran.

Imran menyampaikan pemilu serentak dan pilkada serentak yang digelar pada 2024 diharapkan dapat mempercepat pembangunan. Dua gelaran itu juga diharapkan dapat mendorong konsolidasi politik di pusat dan daerah.

Pemerintah, kata Imran, berharap iklim politik membaik dengan pemilu serentak dan pilkada serentak. Dengan demikian, pemerintahan di pusat dan daerah bisa lebih efektif dan efisien.

"Dengan proses yang berlangsung terkait pemilu dan pilkada serentak ini, pada bagian akhir kita berharap Indonesia akan semakin kuat di dalam menerapkan sistem presidensial," ucap Imran.

Tag : #pemilu 2024    #kemendagri    #pemerintah    #dpr    #parpol    #kpu    #pilkada   

Baca Juga