Kondisi Salah Satu Rumah Warga Korban Gempa Bumi di Taput (Foto: PARBOABOA/Artha Purba)

Tanggap Darurat Bencana Alam di Taput, Pemprov Sumut Kirim Bantuan Logistik

Olivia | Daerah | 01-10-2022

PARBOABOA, Tapanuli Utara – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara gerak cepat mengirim bantuan logistik bagi masyarakat Tapanuli Utara yang terdampak bencana alam, gempa bumi yang berkekuatan 6,0 SR pada Sabtu, (01/10) pukul 02.28 WIB.

Melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Haris Lubis menjelaskan bahwa sesuai perintah Gubernur, timnya diminta agar segera turun ke lokasi dan membawa bantuan.

" Sesuai dengan instruksi Bapak Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi untuk merespons cepat kejadian bencana dini hari tadi. Kita sudah kirim bantuan logistik dan tim personel kaji cepat ke lokasi terdampak bencana. Kaji cepat ini harus segera dilakukan, evaluasi dan pendataan," jelasnya.

Laporan pendataan sementara BPBD Taput, kerusakan yang diakibatkan gempa berupa sejumlah rumah, rumah sakit, gedung perkantoran, jalanan rusak, dan longsor. Tidak hanya itu, Pasar Sarulla di Pahae JJahe, Kabupaten Taput dilaporkan hangus terbakar usai gempa.

Haris memastikan bantuan itu secepatnya sampai dan didistribusikan langsung ke warga yang membutuhkan.

Adapun bantuan yang diberikan kepada warga berupa bahan kebutuhan pokok, tenda pengungsian, dapur umum, matras, selimut dan kebutuhan dasar lainnya.

Tag : #Gempa Bumi    #Bencana Alam    #Daerah    #Tapanuli Utara    #Sumatera Utara   

Baca Juga