Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Ketahui Makna dan Cara Menjawabnya (Lamsari/Parboaboa.com)

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Ketahui Makna dan Cara Menjawabnya

Sari | Pendidikan | 13-05-2022

PARBOABOA – Taqabbalallahu Minna Wa Minkum sering kita dengar saat hari Raya Idul Fitri. Istilah ini diucapkan kepada sesama umat Islam yang sedang merayakannya.

Biasanya Taqabbalallahu Minna Wa Minkum diucapkan bersamaan dengan ucapan “Minal Aidin Wal Faidzin”.

Lantas, apa arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum? Supaya Anda mengetahui makna dari ucapan tersebut, Parboaboa sudah merangkum dari berbagai sumber tentang tulisan Arab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dan cara menjawabnya di bawah ini.

Makna Ucapan

Hari raya Idul Fitri adalah salah satu momen yang paling dinanti oleh umat muslim seluruh dunia. Setelah melewati puasa selama 30 hari di bulan Ramadhan. Dimana pada hari raya itu diperingati sebagai hari perayaan kemenangan iman dan ilmu.

Kebahagian umat Islam ditandai saat Allah SWT menjanjikan ampunan dosa dan pahala yang berlipat ganda selama bulan Ramadhan. Allah berfirman dalam Al Quran Surat Yunus ayat 58, yang berbunyi:

قُلْ بِفَضْلِ ٱللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِۦ فَبِذَٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوا۟ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ

Artinya: Katakanlah "Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan". (Quran Surat Yunus Ayat 58)

Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim adalah semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dan kalian.

Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila bertemu di hari raya, mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya: taqabbalallahu minna wa minka,” tulis Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Baari.

Untuk merayakan hari Raya Idul Fitri yang sering dikatakan banyak orang adalah minal aidin wal faidzin yang berarti semoga kita termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang. Anda bisa mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum ketika sedang bersilaturahmi saat hari Raya Idul Fitri.

Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Secara sederhana, tulisan Arabnya adalah:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ.

Latin: taqabbalallahu minna wa minkum

Arti: “Mudah-mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian”.

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

Arab latin: taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim.

Cara Menjawab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Apabila Anda mendengar umat muslim mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, dianjurkan untuk membalasnya. Terdapat dua cara yang digunakan, yaitu:

1. Menjawab dengan Hal yang Serupa

Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika itu ia mengucapkan kepada Watsilah, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)

Allah SWT  berfirman dalam Al-Quran Surat An Nisa ayat 86, yang berbunyi:

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Artinya: Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu (QS. An Nisa:86)

2. Menjawab dengan Minna Waminkum Taqobbal ya Karim

Selain menjawab dengan hal serupa, Anda juga bisa membalas ucapan tersebut dengan:

Latin: Minna waminkum taqobbal ya karim

Artinya: “Ya Allah Yang Maha Mulia terimalah amal kami dan kamu."

Selain itu, ucapan selamat hari raya Idul Fitri taqabbalallahu minna wa minkum bisa ditambahkan dengan taqabal yaa kariim, wa ja’alanaallahuu wa iyyakum minal ‘aidin wal faaizin. Ada juga yang menambahkan dengan wal maqbulin kullu amiin wa antum bi khair. Berikut jika digabungkan menjadi:

Latin: Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair.

Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadlan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan."

Ucapan Hari Raya dalam Bahasa Arab dan Artinya

Jika Anda ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dalam bahasa Arab, berikut beberapa istilah yang bisa digunakan dan memiliki makna yang baik.

1. Taqobbalallahu minna wa minkum wa ahalllallahu 'alaika.

Artinya: “Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakan ibadah kami”

2. Taqabbalallahu minna wa minkum, ja alana minal a idin wal fa izin.

Artinya: “Semoga Allah SWT menerima puasa kita selama satu bulan dan menjadikan kita kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan”

3. Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kulla 'amin wa antum bikhoir.

Artinya: “Semoga Allah SWT menerima puasa kita dan semoga kita senantiasa diberkahi kebaikan”

4. La yujad 'amal anbil siwaa altasamuh. Happy Eid Mubarok!

Artinya: “Tiada perbuatan yang termulia selain memaafkan. Selamat Hari Raya Idulfitri”

5. Tahiati alharat li'aqrab 'ayilat , amul 'an nusbih 'ashkhas 'akthar fayidatan.

Artinya: “Salam hangat untuk keluarga terdekat dan semoga kita senantiasa bermanfaat”

6. La ynbghy 'an takun alqulub alwaraqiat albayda' mulawithatan bialtaradud fi musamahat ba'dha alba'ide.

Artinya: “Hati yang seputih kertas jangan dinodai dengan enggan saling memberi maaf”

7. Ja alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faizin wal maqbulin, kulla amin wa antum bikhoir.

Artinya: “Semoga Allah SWT menjadikan kita kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapatkan kemenangan, serta dikabulkan segala doa. Semoga setiap tahun kita senantiasa dalam kebaikan”

8. Mabruk'alaa eyd alfitar, taghfir khatayana fi hadha alyawm aleazim.

Artinya: “Selamat Lebaran, semoga semua dosa kita diampuni di hari besar ini”

9. Eidun Mubaarok lakum wa li-'a'ilatakum!

Artinya: “Selamat Hari Raya Idulfitri untukmu dan keluarga”

10. Idkum mubarak, kullu 'aam wa antum bikhair.

Artinya: “Selamat Hari Raya Idulfitri, semoga selalu dalam kebaikan sepanjang tahun”

Demikianlah tulisan Arab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum lengkap dengan makna dan cara menjawabnya. Ucapan ini menjadi pelengkap ketika Hari Raya Idul Fitri dan mempererat hubungan silaturahmi.

Tag : #pendidikan islam    #Taqabbalallahu Minna Wa Minkum    #pendidikan    #tulisan arab    #makna    #ucapan hari raya   

Baca Juga