Tempat wisata di Kulon Progo, foto: Sociolla

10 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru dan Lagi Hits

Wanovy | Travel | 20-07-2022

PARBOABOA, Kulon Progo - Sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia, Yogyakarta memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya di pusat kota, terdapat berbagai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi seperti di Kulon Progo.

Kulon Progo merupakan wilayah di Yogyakarta yang kini semakin dikenal karena adanya Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Saat berada di daerah ini, kamu bisa berkunjung ke banyak tempat wisata menarik, loh! Berikut ini rekomendasinya.

Banyak orang yang melewatkan pesona dari berbagai macam tempat wisata Kulon Progo. Padahal keindahan serta keseruan di beberapa destinasi ini tidak kalah dari tempat wisata Jogja populer lainnya.

Sebut saja wisata alam seperti air terjun, ada banyak tempat cantik yang bisa kamu kunjungi. Belum lagi wisata yang menawarkan panorama alam menawan, butuh lebih dari sehari untuk kamu kunjungi semuanya.

Nah agar rencana liburan lebih jelas, berikut ini 10 rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo yang lagi hits dikunjungi.

1. Pantai Glagah

Rekomendasi tempat wisata Kulon Progo yang pertama adalah Pantai Glagah. Menikmati segaranya udara Pantai Glagah sembari menunggu momen sunset menjadi daya tarik tempat wisata ini. Kamu dapat memesan berbagai olahan seafood yang dijual di sekitar pantai.

2. Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh merupakan tempat wisata yang cukup populer di Indonesia. Di Kulon Progo, kamu juga bisa menemukannya yaitu Kebun Teh Nglinggo.

Tempat wisata di Kulon Progo ini tidak terlalu besar namun tetap memiliki pemandangan alam yang menarik.

3. Kalibiru

Kalibiru merupakan tempat wisata terkenal yang berada di Kulon Progo. Tempat ini memiliki banyak spot menarik untuk berfoto. Kamu pun bisa mendapatkan gambar dengan latar belakang alam yang cantik.

4. Air Terjun Kedung Pedut

Kedung dalam bahasa jawa artinya kolam sedangkan pedut artinya kabut. Air terjun ini memang memiliki sebuah kolam alami yang memiliki campuran warna biru dan putih sehingga tampak seperti kabut. Wow, menarik sekali bukan?

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kulon Progo. Kamu bisa seru-seruan main air dan berendam di kolam sepuasnya.

Area sekitar air terjun merupakan hutan hujan tropis yang tampak sangat menyejukkan sekali.

5. Kalibiru Dan Pule Payung

Kalau tempat wisata yang satu ini sudah sangat kamu kenal bukan? Kalibiru merupakan destinasi wisata di kulon progo yang terkenal berkat foto-foto yang bertebaran di sosial media.

Dengan pemandangan Waduk Sermo dan pegunungan, Kalibiru memiliki pemandangan yang spektakuler.

Tidak hanya bisa berfoto sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas unik seperti sepeda udara, melewati jembatan monyet hingga flying fox. Berani mencobanya?

6. Ayunan Langit di Pule Payung

Pengelola wisata Kulon Progo tampaknya senang menghadirkan tempat wisata dengan spot foto dari ketinggian.

Satu lagi wisata Kulon Progo yang harus kita coba adalah ayunan langit di Bukit Pule Payung.

Dinamakan ayunan langit, karena ayunan ini terletak di ketinggian lebih dari 500 mdpl. Di sini pengunjung akan duduk di sebuah ayunan yang tergantung di bibir tebing kemudian akan diayunkan beberapa kali.

Jangan takut, karena sebelum duduk, wisatawan akan dipakaikan sabuk pengaman yang akan menjaga kita agar tidak jatuh. Namun jika memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya tidak menaiki wahana ini.

7. Puncak Widosari

Sunset dan sunrise hunter? Semuanya bisa disaksikan di Puncak Widosari ini. Tidak seperti bayangan kita, puncak ini bukan sebuah pegunungan, melainkan bongkahan batu raksasa dan tinggi menyerupai menara.

Untuk mancapai tempat wisata Kulon Progo ini, perlu sedikit perjuangan untuk mencapai tempat ini. Kita harus berjalan kaki melewati deretan anak tangga yang lumayan curam dan mengular.

Di samping menyaksikan sunrise dan sunset, kita juga bisa menikmati indahnya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, serta pesisir pantai selatan Jogja. Asik.

8. Kebun Bunga Matahari di Pantai Glagah Indah

Siapa bilang pantai hanya asik untuk olahraga air atau jalan-jalan saja? Buktinya di Pantai Glagah Indah, kita juga bisa asik berfoto dan menikmati keindahan kebun bunga mataharinya.

Saat bunga matahari mulai bermekaran, foto atau berlarian di tempat ini akan sangat menyenangkan. Seperti sedang berlibur ke luar negeri!

Jika kamu dan keluarga ingin foto-foto cantik yang kekinian, datanglah di waktu pagi saat bunga mataharinya masih segar.

Jika sudah bosan, kamu tinggal berjalan ke Pantai Glagah untuk bermain ombak atau sekedar naik perahu di lagunanya.

9. Waduk Sermo

Waduk Sermo yang berada dekat dengan Kalibiru juga merupakan tempat wisata lainnya di Kulon Progo.

Tempat ini merupakan tandon air untuk mengairi sawah sekitar. Tempat ini semakin menarik karena adanya spot berfoto serta rakit tradisional dari bambu.

10. Goa Kebon Krembangan

Bukan hanya Gunung Kidul yang punya destinasi wisata goa. Kulon Progo juga punya goa yang tidak kalah kerennya lho. Namanya Goa Kebon Krembangan.

Goa ini terbilang unik karena memiliki pancaran air yang tidak pernah kering di bagian mulut goa.

Sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai Air Terjun Goa Kebon. Jika musim hujan, jalanan agak sedikit licin, jadi sebaiknya tetap berhati- hati ya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo yang lagi hits dan wajib kamu kunjungi. Happy holiday!

Tag : #wisata kulon progo    #kulon progo    #travel    #tempat wisata    #jawa tengah    #yogyakarta   

Baca Juga