10 Tempat Wisata di Gresik Terbaru dan Terpopuler 2022

Tempat wisata Gresik, foto: Happy Holiday

PARBOABOA, Gresik - Liburan ke Gresik, tapi bingung mau berwisata kemana? Tak perlu bingung, berikut ini ada 10 rekomendasi tempat wisata Gresik terbaru yang terkenal memiliki pesona menakjubkan.

Mulai dari wisata pantai eksotis, bukit kapur, pulau-pulau menawan, hingga beberapa destinasi yang sedang kekinian.

Gresik merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur, yang terkenal sebagai daerah industri penghasil semen terbanyak di Indonesia.

Selain itu, Gresik juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik. Maka tak heran, jika banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara menghabiskan waktu liburan disini.

Salah satu destinasi wisata di Gresik yang sering menjadi tujuan wisatawan, adalah wisata religi seperti makam Sunan Gresik (Sunan Maulana Malik Ibrahim), Petilasan Sunan Kalijaga, dan makam Sunan Giri.

Tak hanya itu saja, ternyata masih banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menakjubkan dan wajib dikunjungi.

Penasaran apa saja? Yuk, simak 10 tempat wisata Gresik berikut ini!

1. Situs Giri Kedaton

Untuk mengisi waktu liburan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata sejarah seperti Situs Giri Kedaton, Gresik.

Situs ini berupa batu berundak yang terletak di puncak bukit tak terlalu tinggi. Meski demikian, kamu akan tetap melihat keunikan alam yang tak bisa ditemukan di situs lainnya. Di sisi kiri, tampak pemukiman penduduk yang masih asri.

Tersisa ruang kosong di sekitar area perbukitan yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat para pengunjung.

Di lokasi inilah kamu juga akan melihat Situs Giri Kedaton secara jelas. Bila berminat, silakan kunjungi wisata bersejarah ini yang terletak di Dusun Kedaton, Sidomukti, Kota Gresik. Dijamin liburan kamu akan terisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

2. Bukit Larangan Panceng

Menjadi salah satu objek wisata hidden paradise di Gresik, Bukit Larangan Panceng dapat dijadikan opsi terbaik untuk mengisi waktu liburan.

Pada dasarnya, Bukit Larangan Panceng ini tidak banyak dikunjungi wisatawan, oleh sebab itulah keasriannya tetap terjaga.

Bagi kamu yang gemar melakukan kegiatan camping, bisa datang berkemah ke lokasi ini.

Ada pemandangan berupa panorama pegunungan yang berpadu dengan dedaunan hijau, yang dijamin membuat kamu tenang.

Sebagai saran, bila kamu mengunjungi bukit ini sebaiknya bawa bekal yang cukup. Sebab, di lokasi tersebut masih belum banyak ditemukan penjual yang menjajakan makanan atau minuman.

3. Sendang Pancuran Gosari

Sebagian dari kamu mungkin berpendapat bahwa sendang adalah tempat yang hanya bisa digunakan untuk berenang dan bermain air saja.

Nyatanya, Sendang Pancuran Gosari ini menawarkan daya tarik yang berbeda. Akibat pengelolaan yang tepat, sendang di Gresik ini mampu bertransformasi menjadi wisata alam yang berpadu dengan gaya kekinian.

Tak hanya mata air, di sana kamu juga akan disuguhkan dengan beberapa spot foto menarik yang sayang jika dilewatkan.

Kamu dapat menghasilkan potret yang menarik dengan latar belakang berupa rumah kayu, sarang burung, dan jembatan kayu.

Oleh sebab itu, selagi berada di Gresik jangan lupa untuk mengunjungi Sendang Pancuran Gosari ini.

4. WAGOS Wisata Alam Gosari

Pencinta fotografi wajib banget mampir ke tempat wisata Gresik satu ini. Tak hanya untuk koleksi foto landscape atau pemandangan, tetapi juga sangat bagus dijadikan latar belakang foto diri kamu. Dijamin Instagramable dan layak sebagai obyek wisata akhir pekan.

Berlokasi di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, tiket masuk ke area wisata ini pun terbilang sangat terjangkau. Pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp10 ribu dan anak-anak Rp5.000 saja.

Menariknya dari WAGOS adalah taman bunga yang indah dan membentang luas. Sungguh sedap dipandang mata dan terasa asri.

Tak hanya itu, ada beberapa situs kuno peninggalan bersejarah yang terletak tidak jauh dari lokasi wisata, lho.

5. Wisata Pulau Gili Noko

Tempat wisata Gresik yang wajib untuk kamu kunjungi adalah pulau Gili Noko. Istimewanya obyek wisata alam ini begitu menarik sekali, suguhan dari pantai yang menenangkan serta pasir putihnya begitu bersih.

Disamping view-nya yang menarik di Pulau Gili Noko terdapat permainan air seperti snorkeling dan masih ada lagi lainnya.

Pulau Gili Noko lokasinya berada di Desa Sidogedungbatu, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik. Jadi buat kalian yang liburan di destinasi Gili Noko selain memanjakan diri dengan melihat sunrise maupun sunsite, ternyata kamu bisa mengambil objek dengan tampilan biota laut yang sangat indah sekali.

6. Wisata Pantai Mombhul

Tempat wisata Gresik selanjutnya terdapat di Pulau Bawean dengan tampilan pantai yang begitu mempesona, pantai Mombhul namanya dengan area keluasan mencapai 45 hektare.

Destinasi pantai di Gresik ini selalu menjadi unggulan di daerah Bawean, maka tak heran selalu ramai di akhir pekanya dan sampai sekarang ini menjadi populer.

Aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Mombhul ini wisatawan bisa mencari momen terbaik, seperti halnya mengabadikan spot cinta, tempat sarang burung dan berfoto santai di gazebo.

Atau bisa juga menyaksikan sarana seperti tempat penangkaran rusa, biota laut, waterboom dan masih banyak lagi.

Lokasi obyek wisata Pantai Mombhul sendiri berada di Sidogedungbatu, Sangkapura Bawean, Gresik.

7. Wisata Bukit Sekapuk

Salah satu tempat wisata Gresik yang saat ini menjadi idaman para wisatawan yakni bukit sekapuk, lokasinya terletak di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

Uniknya obyek wisaa ini bermula dari hasil pertambangan yang dibentuk sedemekian rupa agar menarik untuk dilihat.

Maka dari itu sampai sekarang sudah menjadi ajang rekreasi bagi keluarga, dan tentu saja harga tiket masuknya murah meriah.

Obyek wisata di Bukit Sekapuk ini mengandalkan beberapa view yang dapat memikat para pengunjung, diantaranya bentuk pilar yang menjulang tinggi terdapat beberapa pahatan relief sehingga kamu seolah-olah berada di Eropa.

Jadi kalian bisa mengambil spot terbaiknya disini, termasuk bangunanya yang pas banget untuk di posting di media sosial.

8. Telaga Ngipik

Sekalipun Gresik termasuk dengan banyak industri yang berkembang, juga memiliki keindahan alam yang tak bisa diremehkan.

Kamu bisa menjelajah kota ini dengan mengunjungi tempat tempat wisatanya. Telaga Ngipik bisa kamu jadikan sebagai tujuan wisata kamu ketika berada di kota satu ini.

Telaga Ngipik layaknya sebuah Oase di tengah panasnya cuaca kota satu ini. Pepohonan yang rimbun di sekitarnya membuat suasana sejuk sangat terasa di tempat ini.

Air telaganya yang tenang dan jernih juga menambah daya tarik tersendiri. Bersantai di pinggir telaga sembari menikmati sepoi udaranya, dijamin akan membuat semua penat hilang.

9. Pantai Selayar

Surga tersembunyi di Pulau Bawean, Pantai Selayar menawarkan indahnya warna air laut berwarna biru muda yang memukau.

Meski akses menuju wisata ini masih sempit dan berkelok, tetapi kamu tak akan dikecewakan indahnya pemandangan sekitar.

Bahkan, ada Pulau Selayar terlihat di seberang lautan. Pemerintah dan warga setempat bergotong royong membangun aset wisata Pantai Selayar ini bersama.

Bahkan, banyak anak muda kreatif yang turut membantu menciptakan berbagai spot foto menarik.

Kunjunganmu ke Pantai Selayar akan makin tidak terlupakan jika air pantai surut dan kamu bisa menyeberang ke Pulau Selayar.

10. Bukit Jamur

Tempat wisata di Gresik yang terakhir adalah Bukit Jamur. Destinasi wisata ini populer karena keunikan tampilannya.

Sesuai dengan namanya, Bukit Jamur adalah tempat wisata yang mirip dengan bentuk jamur. Jadi, tempat wisata di Gresik ini terbentuk karena adanya fenomena alam yang terjadi.

Awalnya, Bukit Jamur hanya bukit bebatuan biasa. Lalu karena terkikis oleh angin kencang, lambat laun kawasan ini menjadi bebatuan yang menyerupai jamur. Keunikan tampilannya ini memberikan background unik yang menarik saat difoto.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Gresik terbaru dan terpopuler yang bisa kamu kunjungi jika musim libur tiba. Happy holiday!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS