10 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Lagi Hits Dikunjungi

Wanovy | Travel | 19-01-2023

Rekomendasi tempat wisata Jogja terbaru/The Lost World Castle, foto: kartanesia.com

PARBOABOA - Menghitung objek wisata Jogja atau Yogyakarta tentu tak ada habisnya. Pasalnya daerah istimewa pimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono ini memang punya banyak sekali keindahan bernilai wisata.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke DIY Yogyakarta, berikut ini kami suguhan deretan tempat wisata Jogja terbaru dan terbaik. Mulai yang berlokasi di kota hingga kabupaten. Semuanya bakal menjadikan pelesir berkesan.

Apa saja destinasi tempat wisata Jogja terbaru yang sedang hits di jejaring sosial saat ini? Ternyata provinsi bergelar daerah istimewa ini punya banyak sekali spot menarik. Beberapa di antaranya baru diketahui berkat para traveler Instagram.

Yuk, kita simak deretan tempat wisata Jogja terbaru yang kekinian dan Instagramable di bawah ini.

1. Pantai Wediombo

Bagi kamu yang ingin merasakan deru angin pantai dan hijaunya laut, kamu bisa mencoba mengunjungi Pantai Wediombo.

Pantai ini berlokasi di Desa Balong, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Tidak hanya lautnya yang indah, Pantai Wediombo juga menawarkan pemandangan tebing yang indah dan pasir berwarna putih yang membentang cantik.

Pantai ini difungsikan sebagai tempat wisata alam dan tempat konservasi perairan. Tiket masuk yang dikenakan pun tergolong murah.

Kamu hanya perlu membayar Rp5.000 per orang. Untuk parkir motor dikenakan tarif Rp3.000 dan parkir mobil dikenakan Rp5.000.

2. Suraloka Zoo

Suraloka Zoo merupakan sebuah tempat wisata edukasi yang bertempat di Kaliurang, Yogyakarta.

Bagi kamu yang ingin membawa anak kecil berlibur, kamu bisa mencoba berkunjung ke Suraloka Zoo.

Seperti namanya, tempat wisata Jogja terbaru ini menawarkan berbagai wahana edukasi untuk melatih kecerdasan.

Anak-anak akan diajak berinteraksi langsung dengan hewan dan belajar tentang hewan tersebut. Hewan-hewan yang ditampilkan juga beragam, seperti merpati, iguana, hingga kelinci. Anak-anak juga bisa mencoba wahana menantang seperti flying fox dan wall climbing.

Tiket masuk Suraloka Zoo tergolong murah, yaitu Rp30.000 saat weekdays dan Rp40.000 untuk weekend yang tidak termasuk biaya wahana di dalam Suraloka Zoo.

3. Merapi Park

Merapi Park juga sering disebut The World Landmarks, karena menyediakan banyak fariasi miniatur dari beberapa icon terkenal kota-kota besar di seluruh dunia.

Di taman Merapi Park terdapat miniatur icon dunia seperti: menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty, telepon umum London, Big Ben, kotak pos London, dan masih banyak lagi.

Biaya tiket masuk ke tempat wisata Merapi Park tergolong tidak mahal. Pengunjung dikenakan biaya Rp. 20.000/orang untuk masuk area the world landmark.

Sedangkan untuk masuk area kids waterpark pengunjung dikenakan biaya Rp. 10.000/orang. Untuk keperluan parkir kendaraan, biaya parkir di Merapi Park dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

4. The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan wisata daerah merapi yang menawarkan keindahan berupa bangunan mirip Benteng Takeshi.

Wahana-wahana di sini memanfaatkan batu sisa erupsi Merapi sebagai bahan bakunya. Saat kabut turun, suasana jadi makin menarik untuk latar foto. Harga tiket masuk The Lost World Castle adalah Rp 25 ribu per orang.

5. HeHa Sky View

Heha Sky View ini sebenarnya merupakan tempat makan atau resto modern tiga lantai yang memang mengusung konsep swafoto dengan landscape alam dan taman.

Jadi, bagi para pecandu swafoto, alam dan kuliner, HeHa Sky View bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat.

Lokasi ini menawarkan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Di Heha Sky View Jogja, pengunjung bisa menikmati pemandangan kota jogja dari sudut lain. Juga gagahnya gunung merapi serta eloknya pemandangan sunset yang memanjakan mata.

Untuk bisa memasuki lokasi wisata Heha Sky View Jogja , pengunjung dikenai biaya sebesar Rp 10.000, yang berlaku mulai pukul 10.00 -16.30.

Sedangkan untuk kunjungan mulai pukul 16.30 sampai 23.00 dikenakan tiket  sebesar Rp 15.000. Bila ingin berfoto di teras kaca, maka membayar lagi biaya sebesar Rp 30.000. Ada juga biaya jasa foto sebesar Rp 5.000 bila ingin mendapatkan hasil foto yang bagus.

6. Pantai Pok Tunggal

Menjadi salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang paling indah dan terbaru. Pantai Pok Tunggal menyajikan pesona keindahan dan spot rekomended untuk berakhir pekan.

Untuk alamatnya sendiri, Pantai Pok Tunggal berlokasi di Desa Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

7. Goa Jomblang

Sajian tempat wisata alam di Jogja memang menjadi aktivitas liburan yang tak terlupakan. Banyak obyek wisata alam mempesona di Yogyakarta yang akan memanjakan liburan kamu.

Salah satunya yaitu Goa Jomblang, rasakan sensasi explore alam di tempat menarik satu ini. Lokasi dari obyek wisata Goa Jomblang beralamat di Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta.

8. Ullen Sentalu Museum

Museum ini berisi koleksi benda peninggalan Kerajaan Mataram Islam. Selain menampilkan kebudayaan masa Kerajaan Mataram Islam, Museum Ullen Sentalu juga menampilkan kehidupan para bangsawan di masa Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Ikon Ullen Sentalu Museum yang hits di kalangan wisatawan adalah relief yang ditata miring. Sejumlah koleksi yang dipamerkan pada museum ini antara lain gamelan, lukisan, arca, batik, dan sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Boyong, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

9. Kaliadem

Kalau pernah liat posting-an temanmu berfoto dengan latar Gunung Merapi yang gagah tepat di belakangnya, itu pasti di kawasan Kaliurang. Tepatnya di Bungker Kaliadem.

Selain bisa belajar banyak tentang sejarah letusan Gunung Merapi, kamu juga bisa menemukan innerpeace, karena hawanya sejuk, sepi, dan bisa banget buat melepas penat. Kalau kamu sudah bisa foto seperti di atas ini, selamat level petualanganmu baru saja naik satu tingkat!

10. Museum Ullen Sentalu

Turun sedikit dari kawasan Kaliurang, kamu bisa mampir ke Museum Ullen Sentalu. Meski bukan tergolong wisata baru, museum ini jadi destinasi wisata antimainstream.

Gak cuma bangunan museumnya saja yang unik, kamu juga bisa menemukan karya seni dari seniman-seniman Yogya di masa lalu.

Menariknya lagi, kamu juga bisa belajar sejarah tentang Kerajaan Mataram yang masyhur itu. Seperti kata Bung Karno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata Jogja terbaru dan lagi hits dikunjungi. Happy holiday!

Tag : #wisata jogja    #jogja    #travel    #tempat wisata    #wisata alam   

Baca Juga