Timnas Indonesia U-19 menang 7-0 atas Brunei Darussalam U-19 (Foto: Antara/Fakri Hermansyah)

Hasil Piala AFF U-19: Timnas Indonesia U-19 Pesta Gol Ke Gawang Brunei Darussalam

Michael | Sepakbola | 05-07-2022

PARBOABOA – Timnas Indonesia U-19 sukses berpesta gol dalam laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022. Mereka menang 7-0 atas Brunei Darussalam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022) malam.

Timnas Indonesia U-19 tidak menunggu lama untuk tampil menyerang. Baru menit kedua, mereka sudah unggul. Adalah Hokky Caraka yang mencatatkan nama di papan skor setelah menerima umpan silang dari Kakang Rudianto.

Meski unggul gol cepat, para pemain Timnas Indonesia U-19 tidak mengendurkan serangan. Pada menit ke-11, Brunei kembali harus kebobolan lewat gol yang dicetak oleh Ronaldo Kwateh dengan melakukan penetrasi di sisi kiri.

Anak asuh Shin Tae-yong sangat menguasai permainan. Timnas Indonesia U-19 kembali membobol gawang lawan pada menit ke-14. Hokky mencetak gol keduanya dengan melepaskan sepakan keras setelah kiper Brunei mampu menghalau bola tendangan pertama.

Keunggulan Timnas Indonesia U-19 masih bertambah. Hokky Caraka akhirnya mencetak gol ketiganya di laga ini pada menit ke-19. Dia mampu menerima umpan matang yang dikirim oleh Kakang Rudianto.

Hanya semenit berselang, giliran Arkhan Fikri yang membuat Timnas Indonesia U-19 mencetak gol kelima. Gelandang milik Arema FC itu melepas tembakan keras yang gagal dibendung lawan lagi. Hanya dalam 20 menit, Timnas Indonesia sudah unggul 5-0.

Setelah ini, tempo serangan Timnas Indonesia U-19 menurun. Beberapa kali, para pemain Brunei memegang bola. Mereka hanya sekali membukukan peluang lewat sepakan Hakeme Yazid di menit ke-28 yang bisa diblok Cahya Supriadi.

Hokky Caraka berhasil mencetak quattrick sekaligus gol keenam timnya di laga ini. Memasuki injury time, dia memperlihatkan ketajaman lewat sepakan keras jarak dekat dan membuat babak pertama berakhir dengan keunggulan 6-0.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengawali babak kedua dengan mengganti tiga pemain sekaligus. Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, dan Arkhan Fikri ditarik keluar dan diganti dengan Ferdiansyah Cecep, Teuku Razzaa, dan Zanaidn Fariz.

Pada menit ke-50, Teuku Razzaa hampir saja membobol gawang Brunei. Dia mampu menerima umpan dari Hokky Caraka saat berada di dalam kotak penalti. Sayang, sepakan kerasnya masih melambung.

Razzaa kembali membuat pertahanan Brunei ketar-ketir pada menit ke-53. Kali ini dia memanfaatkan umpan dari Ferdiansyah Cecep sebelum melepas lembakan. Lagi-lagi, bola belum menemui sasaran.

Timnas Indonesia U-19 menambah keunggulan lewat Alfriyanto Nico pada menit ke-61. Itu bermula dari umpan silang Razzaa dari kiri yang coba dihalau oleh bek Brunei. Bola yang dikontrol terlepas kemudian dimanfaatkan dengan tembakan keras oleh Nico.

Keunggulan 7-0 masih belum menyurutkan agresivitas Timnas Indonesia U-19. Pada menit ke-74, Mikael Tata mendapat kans dengan menerima bola dari Rabbani Tasnim. Bola mengarah ke gawang tapi bisa diamankan.

Pada menit ke-76, giliran Marcell Januar yang memberi ancaman membahayakan setelah menerima bola dari Zanadin Fariz. Tembakannya tidak berbuah gol karena kiper Brunei kembali memuntahkannya.

Pada waktu yang tersisa, serangan Timnas Indonesia U-19 masih terus merepotkan lawan. Wasit pun meniup peluit panjang dengan skor akhir 7-0 untuk kemenangan Marselino Ferdinan dkk.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-19 menduduki peringkat kedua Grup A dengan empat poin. Sedangkan Brunei Darussalam merana dengan berada di posisi juru kunci tanpa angka dan telah kebobolan 14 gol dalam dua laga.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Brunei Darussalam U-19

  • Timnas Indonesia U-19 (3-4-3): Cahya Supriadi (kiper); Ahmad Rusadi, Kakang Rudianto, Marcell Januar (belakang); Arkhan Fikri, Dimas Pamungkas, Marselino Ferdinan, Mikael Tata (tengah); Rafli Asrul, Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh (depan)
  • Pelatih: Shin Tae-yong
  • Brunei Darussalam (4-3-3): Danish Aiman (kiper); Hirman Abdul Latip, Ammar Rawi, Maverick Lim, Syaherrul Affandy (belakang); Ali Munawwar, Hakeme Yazid, Eddy Syahrol (tengah); Iddzaham Aleshahmezan, Azli Aminuddin, Danisyh Syariee (depan)
  • Pelatih: Fasalani Ghani
Tag : #piala aff u19    #timnas indonesia u19    #sepakbola    #pssi    #shin tae yong   

Baca Juga