Indoneisa Kalah 1-7 dari Thailand di Babak Semifinal AFF U-19 Womens Championship 2023

Pertandingan Indonesia vs Thailand pada Kamis, 13 Juli 2023 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan. (Foto: PSSI)

PARBOABOA, Jakarta – Timnas Wanita Indonesia harus mengakui ketangguhan Thailand di babak semifinal AFF U-19 Womens Championship 2023.

Indonesia mengalami kekalahan telak atas Thailand dengan skor akhir 1-7 di babak tersebut.

Adapun pertandingan ini digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan pada Kamis, 13 Juli 2023.

Tekanan mulai diberikan Thailand saat menit ke-5, di mana penjaga gawang utama Indonesia yang bernama Fani Supriyanto harus meninggalkan lapangan karena terkena kartu merah.

Posisi Fani Supriyanto kemudian diganti oleh kiper cadangan Shesilia Putri dan Indonesia harus bertanding hanya dengan 10 pemain.

Terjadi kemelut di menit ke-14 hingga akhirnya menyebabkan gawang Indonesia kebobolan 0-1 atas Thailand.

Tak ingin tertinggal jauh, Claudia Scheunemann lalu membalas gol dari Thailand di menit ke-24 melalui tendangan keras yang tak sanggup ditepis oleh penjaga gawang.

Selang 4 menit, skor kembali berubah, pemain Thailand dengan nomor punggung 10 berhasil membobol gawang Indonesia.

Selanjutnya, gol cepat Thailand pun kembali tercipta di menit ke-30 hingga skor akhir di babak pertama menjadi 1-3.

Memasuki babak ke-2, Thailand lagi-lagi mencetak gol di menit ke-46 atau 1 menit ketika pertandingan baru berjalan. Skor pun berbuah menjadi 1-4.

Tak sampai di situ, Thailand memperjauh jarak skor dengan gol kelimanya di menit ke-62, 70, dan 87 hingga skor akhir pertandingan antara keduanya adalah 1-7.

Dengan hasil tersebut, Indonesia akan bertemu Myanmar untuk memperebutkan posisi ke-3 piala AFF U-19 Womens Championship 2023 pada Sabtu, 15 Juli 2023.

Sedangkan Thailand akan melawan Vietnam di partai final pada hari yang sama di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir mengatakan, perjuangan tim putri U-19 ini patut untuk diberi penghargaan.

Pasalnya, kata dia, meski sudah dipastikan tidak akan menang ataupun seri, Garuda Pertiwi masih mau untuk memberikan perlawanan hingga berakhirnya pertandingan.

Erick menambahkan, tim putri juga luar biasa karena telah berhasil mencetak sejarah dengan lolos ke babak semifinal piala AFF U-19 Womens Championship 2023.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS