Update Kasus Kematian Brigadir J (PMJNews)

Kasus Brigadir J, Timsus Kapolri Ke Magelang dan Komnas HAM ke Rumah Ferdy Sambo Hari Ini

Sari | Nasional | 15-08-2022

PARBOABOA, Jakarta – Penyidik terus melakukan sejumlah pengembangan, mulai dari pemeriksaan saksi hingga pengumpulan barang bukti, untuk menjawab secara terang benderang kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Tim khusus (Timsus) Kapolri pada hari ini Senin (15/08/2022) sudah berada di Magelang untuk menggali informasi dan mencari bukti kejadian di Magelang, sebelum Brigadir J ditembak.

Sementara itu, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan melakukan penyelidikan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) penembakan.

Lantas, informasi apa yang sedang digali di Magelang oleh Timsus Kapolri dan di rumah dinas Ferdy Sambo oleh Komnas HAM?

1. Timsus Bertolak ke Magelang

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim), Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, timsus kapolri sedang bertolak ke Magelang untuk menelusuri secara detail penyebab penembakan Brigadir J.

"Tim sedang ke Magelang untuk menelusuri kejadian di sana agar secara utuh kejadian bisa tergambar," ujar Agus Andrianto, Minggu (14/08/2022).

Agus menjelaskan, keberadaan timsus di Magelang bertujuan untuk menelusuri apa pemicu Irjen Ferdy Sambo sampai merencanakan membunuh Brigadir J. Dalam hal ini, dia tidak memaparkan soal barang bukti yang sedang dicari timsus.

“Yang pasti hal yang dibutuhkan penyidik,” katanya.

Kata Agus, keberadaan timsus sekaligus menganalisa rangkaian kejadian sesaat Brigadir J dibunuh.

"Rangkaian peristiwanya begitu kan engga bisa kami hilangkan. Yang pasti tahu apa yg terjadi ya Allah SWT..., Alm (Brigadir J) dan bu PC. Kalaupun Pak FS dan saksi lain seperti Kuat, Riki, Susi, dan Ricard hanya bisa menjelaskan sepengetahuan mereka," tutur Agus.

Dalam penelusuran ke Magelang, Agus mengatakan, timsus tidak menyertakan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Namun, pihaknya menjadikan keterangan Putri sebagai dasar penyidikan.

“Kami juga mendasari keterangan yang bersangkutan (Putri) juga dalam proses penyidikan yang kami lakukan?,” ujarnya.

2. Komnas HAM Cek TKP di Rumah Ferdy Sambo Hari Ini

Komnas HAM akan meninjau TKP yang menewaskan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan pada hari ini, Senin (15/08/2022), sekitar pukul 10.30 WIB.

Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari serangkaian proses yang telah dilakukan Komnas HAM terkait pemantauan dan penyelidikan kasus Brigadir J.

"Untuk melengkapi proses tersebut, Tim Komnas HAM RI akan melakukan peninjauan Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang terletak di Kompleks Polri Duren Tiga pada Senin, 15 Agustus 2022 pukul 10.30 WIB," kata keterangan resmi Tim Komnas HAM RI pada Minggu (14/8/2022).

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan, olah tempat kejadian perkara itu dilakukan dengan maksud memastikan keterangan Irjen Ferdy Sambo.

Olah TKP akan didampingi oleh Pusar Laboratorium Forensi (Puslabfor), Tim Inafis, dan Kedokteran Kepolisian.

Tag : #brigadir j    #komnas ham    #nasional    #timsus kapolri    #olah TKP    #timsus ke magelang    #rumah dinas    #update kasus brigadir j   

Baca Juga