Ilustrasi

Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q3-2021, Siapa Juaranya?

Wanovy | Teknologi | 20-12-2021

Belum lama ini, Firma riset pasar IDC kembali merilis daftar lima merek smartphone teratas di Indonesia untuk kuartal ketiga (Q-III) per Juli-September 2021. Berbeda dengan Q-II (April-Juni) 2021, Oppo kini menjadi merek ponsel teratas di Tanah Air.

Namun, IDC tidak menyebut secara pasti berapa angka pangsa pasar masing-masing vendor. Dari grafis yang dirilis, Oppo nampak memiliki pangsa pasar (market share) yang lebih dari 20 persen.

Dengan angka tersebut, Oppo berhasil menggeser posisi Xiaomi pada periode sebelumnya dengan market share lebih dari 25 persen.

Xiaomi sendiri harus turun ke posisi tiga di Indonesia dengan besaran market share lebih dari 15 persen. Adapun merek smartphone teratas kedua yang berada di bawah Oppo adalah Vivo dengan pangsa pasar sekitar 20 persen.

Berikut ini adalah urutan 5 besar merek smartphone di Indonesia Q3-2021 versi IDC:

1. Oppo

2. Vivo

3. Xiaomi

4. Samsung

5. Realme

IDC menyebut, regulasi PPKM akibat lonjakan COVID-19 pada Juli 2021 menyebabkan toko retail di wilayah Jawa dan Bali ditutup. Pada akhirnya, hal tersebut membuat penjualan offline smartphone di Indonesia menjadi terpuruk.

Sementara pembatasan kegiatan mulai mereda sejak September, industri smartphone di Indonesia pun mesti menghadapi kelangkaan pasokan ponsel.

Kelangkaan ini berdampak pada produksi dan pengiriman smartphone secara keseluruhan, dengan pasokan smartphone 4G yang lebih ketat karena vendor mulai beralih fokus pada smartphone 5G.

Pihak IDC bahkan mengatakan bahwa pengapalan smartphone Q4-2021 di Indonesia nanti mungkin tetap mengalami penurunan karena kelangkaan pasokan.

IDC juga mencatat bahwa pangsa pasar smartphone 5G di Indonesia meningkat menjadi 7 persen pada periode tersebut, sedikit lebih tinggi dari pada kuartal kedua 2021 yang berjumlah 6 persen.

Saat ini, IDC mengklaim harga rata-rata smartphone 5G di Indonesia per Q3-2021 mencapai USD 418 atau sekitar Rp 6 juta. 

Tag : #vendor smartphone    #kuartal ketiga    #firma reset IDC 2021   

Baca Juga