Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: AnadoluAgency)

Turki Berencana Gabung Aliansi Rusia-China, Ingin Lepas dari NATO?

Dimas | Internasional | 20-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Turki menjadi anggota North Atlantic Treaty Organization (NATO) pertama yang memiliki rencana dan berkeinginan untuk gabung ke Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) bersama Rusia dan China.

Rencana tersebut diketahui lewat pernyataan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan usai menghadiri Konferensi Tingkat-Tinggi (KTT) SCO di Uzbekistan pada Jumat (16/9) lalu.

"Saat ini, proses kami selanjutnya adalah langkah untuk menyelesaikan itu. Itu tujuan kami," kata Erdogan saat membalas pernyataan jurnalis terkait apakah Turki menimbang bergabung menjadi anggota SCO, dalam Anadolu Agency, dikutip dari CNN Indonesia, Senin (19/9)

"Hubungan kami dengan negara-negara tersebut bakal berubah ke posisi yang berbeda dengan langkah ini," kata Erdogan saat membahas tentang SCO dengan sejumlah jurnalis di Samarkand, dikutip dari CNN Indonesia.

Erdogan menyebutkan,negaranya memiliki hubungan sejarah dan budaya dengan Benua Asia. Oleh karena itu, Turki tertarik untuk mengambil peran di SCO yang dapat merepresentasikan 30 persen dari produk domestik bruto (PDB) global.

Pernyataan Erdogan ini juga muncul setelah Turki masih belum berhasil melakukan pertemuan langsung dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, dalam pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

Untuk diketahui, Turki telah berhubungan dengan SCO sejak 2013. Saat itu, Ankara melakukan kesepakatan kemitraan dengan organisasi tersebut. Namun, keanggotaan penuh Turki di SCO dapat memberikan Erdogan manfaat baru untuk melawat Barat dan membuka celah memperbaiki ekonomi negaranya.

Di samping itu, hubungan Turki dengan sekutu Barat saat ini juga semakin berkurang sejak Erdogan memimpin negara tersebut. Turki juga dianggap sering mengecewakan dan kurang berpastisipasi dengan NATO jika membahas tentang isu keamanan.

Tag : #turki    #recep tayyip erdogan    #internasional    #nato    #rusia    #china    #amerika serikat    #joe biden    #sco    #ktt   

Baca Juga