Walikota Bengkulu Helmi Hasan membayar uang SPP siswa yang ijazahnya ditahan pihak sekolah

Uang SPP Tak Dibayar Izazah Siswa Ditahan Sekolah di Bengkulu

rini | Pendidikan | 25-08-2021

PARBOABOA, Bengkulu -  Walikota Bengkulu Helmi Hasan membantu membayar uang SPP siswa bernama Melya Anggraini yang sempat viral di media sosial.

Dalam video yang beredar Melya menangis meminta bantuan untuk menebus ijazahnya yang ditahan pihak sekolah karena tidak mampu membayar SPP sebesar Rp 3,1 juta. Melya yang telah lulus sejak 2018 kesulitan mencari pekerjaan karena ijazah yang masih ditahan sekolah. Ternyata hal ini juga dialami tiga orang temannya.

Untuk membantu Melya dan teman-temannya, Helmi datang ke SMKN 6 bersama siswa yang bersangkutan dengan membawa surat keterangan miskin untuk memohon ke kepsek agar menyerahkan ijazah 4 siswa/i yang masih ditahan pihak sekolah karena belum melunasi uang SPP yang total tunggakan SPPnya mencapai Rp 5 juta.

Namun permohonan tersebut ditolak pihak sekolah tak mau memberikan ijazah dengan alasan akan berkordinasi dan laporan dulu ke Diknas provinsi. Helmi pun kecewa dan tampak kesal karena menilai kepala SMKN 6 terlalu bertele-tele.

Karena merasa dipersulit, akhirnya Helmi langsung membayar atau menebus ijazah 4 siswa/i tersebut dengan uang cash sebesar Rp 5 juta dan akhirnya pihak sekolah mau mengeluarkan ijazah para siswa. Empat siswa tersebut akhirnya menerima ijazah mereka yang masing-masing atas nama Melia Anggraini, Epeliya, Eka Meilani dan Fedri Hidayat.

"Alhamdulillah, siswa-siswi SMKN 6 yang ijazahnya ditahan, yang tadinya mereka belum merdeka, sudah merdeka dengan uang Rp 5 juta tadi. Sudah kita kasih ke kepseknya, tinggal rapornya saja yang belum ketemu katanya, mudah-mudahan segera ketemu," ungkap Helmi, Selasa (24/8).

Karena hak seorang siswa siswi setelah mereka lulus adalah menerima ijazah. Yang namanya sekolah pemerintah itu tidak boleh menahan ijazah. Karena gedung sekolah ini dibeli dengan uang rakyat, baju dinas para guru juga dibeli pakai uang rakyat, gaji dari uang rakyat sehingga tidak boleh kemudian ada orang yang sudah lulus ijazahnya ditahan karena menunggak SPP, tegas Helmi.

Walikota Helmi Hasan juga memberi kesempatan kepada siswa-siswa lain yang mengalami kasus serupa untuk membuat pengaduan langsung kepada dirinya.

Tag : #viral   

Baca Juga