parboaboa

Ukraina Gabung NATO, Rusia: Picu Perang Dunia 3

Dimas | Internasional | 13-10-2022

Rusia sebut kemungkinan terjadinya perang dunia ketiga jika Ukraina benar-benar ingin bergabung dengan NATO (Foto: Okezone)

PARBOABOA, Jakarta – Rusia berikan respons tegas terkait Ukraina yang bergabung menjadi anggota Aliansi Pertahanan Negara Atlantik Utara (NATO). Rusia menegaskan bahwa tindakan Ukraina tersebut bisa memicu terjadinya Perang Dunia 3.

Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Alexander Venediktov mengatakan, Ukraina paham rencana Kyiv bergabung dengan NATO dapat memicu eskalasi antara kedua negara yang saat ini tengah berkonflik.

"Kyiv sangat menyadari bahwa langkah seperti itu (masuk NATO) berarti menjamin eskalasi menuju Perang Dunia Ketiga," kata Venediktov kepada kantor berita Rusia, TASS, pada Kamis (13/10).

"Rupanya, itulah yang mereka andalkan untuk menciptakan kebisingan informasi dan menarik perhatian pada diri mereka sendiri sekali lagi," ucapnya menambahkan seperti dilansir dari Reuters.

Venediktov juga mengatakan bahwa Amerika Cs merupakan pihak yang sangat berkaitan langsung dengan konflik lantaran selama ini kerap membantu Ukraina melawan Rusia.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengumumkan bahwa negaranya resmi mendaftar jadi anggota NATO dengan prosedur yang dipercepat. Zelensky bersama dengan Ketua Parlemen Ruslan stefanchuk dan Perdana Menteri Denys Shmyhal, telah menandatangani proposal pengajuan pada Jumat (30/9) lalu waktu setempat.

Kemudian, Zelensky j telah mengatakan bahwa secara de facto Ukraina telah mendaftar ke NATO. Dengan begitu, langkah yang ditempuh Ukraina saat ini sebagai bentuk permohonan secara de jure.

Pengumuman itu juga dilakukan oleh Zelensky tak lama usai Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan aneksasi atau pencaplokan empat wilayah Ukraina jadi milik Rusia di Lapangan Merah di Moskow.

Editor : -

Tag : #rusia    #ukraina    #internasional    #perang dunia 3    #amerika serikat    #nato   

BACA JUGA

BERITA TERBARU