Ilustrasi Ubi Bakar

Usai Makan Singkong Bakar, Balita Dua Tahun Meninggal Dunia, Tiga Lainnya Dilarikan ke Puskesmas

rini | Daerah | 29-07-2021

PARBOABOA, Aceh - Diduga keracunan setelah makan singkon bakar, empat orang anak warga Kampung Negeri Antara, Kecamatan Pinu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh dilarikan ke Puskesmas Singah Mulo.

Naas salah satu korban yang masih berusia dua tahun meninggal saat akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Munyang Kute Bener Meriah.

"Korban berusia dua tahun meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit. Sementara tiga korban lainnya dirawat di Puskesmas setempat," kata Kapolsek Pintu Rime Gayo Ipda Dasril kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Awalnya ibu korban mengambil singkong dari ladang salah satu warga pada Rabu sore (28/7). Sebagian ubi tersebut digoreng dan dimakan keluarga bersama. Malam harinya ke empat korban membakar singkong yang masih tersisa sambil membuat api unggun.

"Diduga keracunan tersebut dari singkong yang dibakar dan dimakan keempat korban. Keluarga lain tidak mengalami keracunan karena memakan singkong goreng," jelas Dasril.

Beberapa jam setelah mengkonsumsi ubi bakar, ke empat korban mengalami muntah-muntah. Ke empat korban yaitu DAA (2), NB (16), RSP (10), dan B (7).

DAA meninggal sekitar pukul 03.40 wib, saat dalam perjalanan ke rumah sakit.

Ubi yang dimakan ke empat korban telah diserahkan ke Dinas Kesehatan Bener Meriah untuk diperiksa untuk mengetahui penyebab korban keracunan.

"Penyebab kejadian tersebut masih kita selidiki, namun untuk saat ini sampel dari penyebab keracunan yaitu ubi kayu / Singkong telah diamankan dan akan di serahkan ke dinas kesehatan Kabupaten Bener Meriah untuk memastikan hasil laboratorium" kata Ipda Dasril.

Tag : #keracunan    #makan singkong    #berita aceh   

Baca Juga