Ilustrasi polantas.

Viral Polisi Minta Bawang ke Supir Truk Untuk Pengganti Tilang

Maraden | Daerah | 02-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Seorang anggota polisi lalu lintas (polantas) diduga melakukan tindak pungutan liar (pungli) terhadap seorang pelanggar lalu lintas yang merupakan supir truk pembawa muatan hasil bumi.

Terduga pelaku pungli tersebut diketahui seorang oknum polisi yang berdinas di Dinas Lalu Lintas Polres Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Ia diduga meminta 'uang damai' dengan menawarkan penukaran sanksi tilang dengan imbalan satu karung bawang ke sopir truk di Tangerang. Oknum polisi itu kini diperiksa Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa saat ini Propam Polda Metro Jaya sedang melakukan klarifikasi dan pemeriksaan terhadap oknum polantas yang bersangkutan. Kendati demikian dirinya mengaku tidak dapat menjelaskan lebih rinci terkait inisial dan pangkat oknum polisi pelaku penilangan tersebut.

"Sedang diperiksa di Propam. Untuk kejelasannya, sebaiknya langsung ke Kasat Lantas Bandara, karena yang bersangkutan adalah anggota beliau" katanya, Selasa (2/11/2021).

Aksi penilangan tersebut diunggah ke media sosial dan menjadi viral. Dalam rekaman video tersebut, dsebutkan peristiwa terjadi di wilayah sekitar bandara di Tangerang, Banten pada Senin (1/11) Pagi.

Dalam video yang viral tersebut, tampak seorang supir truk mengeluarkan keluh kesahnya usai dirinya ditilang oleh oknum polantas yang juga sempat meminta sejumlah uang sebagai ganti surat tilang.

Si sopir tersebut kemudian sempat memberikan uang sebesar 100 ribu rupiah namun ditolak oleh oknum poisi itu. Sang polantas malah meminta kepada sopir yang ditilang agar memberikan satu karung bawang yang merupakan muatan truk tersebut.

Dalam video, tampak seorang polantas berdiri di di dekat sepeda motornya di belakang truk milik si sopir truk itu. Si sopir truk itu juga sempat menyebutkan pelat nomor motor yang digunakan oknum polisi tersebut.

"Tolong rekan-rekan bantu kondisi saya ya. Aku kena tilang tapi polisi minta bawangnya. Dia dikasih uang 100 ribu enggak mau. Malah mintanya satu karung bawang," kata supir dalam video tersebut.

Tag : daerah, tanggerang, polantas, pungli, polntas pungli, polisi minta bawang

Berita Terkait