Kampas Rem Mobil (Foto: otodriver.com)

Kapan Kampas Rem Mobil Harus Diganti? Kenali Ciri-Cirinya

Juni | Otomotif | 18-08-2022

PARBOABOA – Pada setiap kendaraan, kampas rem merupakan komponen yang sifatnya sangat krusial lantaran berkaitan dengan sistem pengereman. Agar berfungsi secara maksimal, kampas rem mobil harus selalu dalam keadaan prima.

Keberadaan kampas rem tentu sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan saat berkendara, khususnya jika kamu sering melintasi jalanan menanjak dan turunan.

Untuk mengatahui apakah kampas rem mobil sudah aus sebetulnya bukanlah hal yang sulit. Salah satunya adalah jika timbul bunyi saat melakukan pengereman. Jika sudah demikian, sebaiknya segera lakukan pengecekan dan menggantinya.

Jika dibahas lebih detail, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem mobil? Mengganti kampas rem mobil disarankan jika telah menempuh jarak 40.000 Km.

Namun, jika dalam pemakaiannya kita sering melewati jalanan menanjak, berkelok dan sering bepergian jarak jauh, maka masa penggantian kampas rem bisa lebih cepat dari yang seharusnya. Untuk itu, sebaiknya kamu mengetahui ciri-ciri kampas rem sudah aus dan harus diganti.

Berikut dijelaskan beberapa ciri-ciri kampas rem mobil sudah aus. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Pijakan Rem Mobil Semakin Dalam

Saat pijakan pedal rem semakin dalam namun tingkat pengereman kurang maksimal, maka itu menjadi pertanda kampas rem sudah aus atau menipis. Rem mobil memiliki sistem pegas kembali, yang artinya sejauh apapun piston mobil bergerak maka pedal rem secara otomatis akan kembali ke posisi semula.

Oleh karena itu, jika kampas rem mobil kondisinya masih tebal, piston hanya memerlukan sedikit gerakan saja saat melakukan pengereman. Tapi jika kampasnya sudah menipis, piston harus bergerak lebih jauh saat melakukan pengereman.

2. Terdengar Suara Gesekan Logam Saat Pengereman

Bunyi decit seperti gesekan logam saat menginjak pedal rem bisa menjadi pertanda kampas rem yang sudah semakin menipis. Dalam kondisi tersebut, kamu harus segera mengganti kampas rem mobil dngan yang baru.

Bunyi decit yang dihasilkan itu timbul karena gesekan logam atau besi pada cakram yang sudah tidak dilapisi kampas rem, sehingga hanya tersisa bagian besinya saja.

3. Rem Terasa Bergetar Saat Diinjak Pada Kecepatan Tinggi

Pedal rem yang bergetar saat pengereman dikarenakan permukaan kampas yang tidak lagi rata. Piringan cakram akhirnya tidak mampu mencengkeram dengan sempurna dan akhirnya menimbulkan getaran.

Kondisi ini juga bisa menimbulkan permasalahan lainnya, karena getaran yang ditimbulkan bisa juga sampai ke setir mobil. Jika sudah begitu, tentu saja akan membuatmu merasa tidak nyaman ketika menyetir.

4. Turunnya Minyak Rem

Kampas rem yang telah menipis bisa menyebabkan minyak rem berkurang. Untuk itu, sebaiknya cek kondisi minyak rem secara berkala dan pastikan bahwa tidak ada kebocoran. Jika tidak ditemukan adanya kebocoran, maka turunnya minyak rem menandakan habisnya kampas rem mobil.

Menipisnya kampas rem akan memaksa piston rem mobil bergerak lebih jauh. Kondisi ini akan menambah ruang gerak hidrolik dalam kaliper sehingga menyebabkan minyak rem turun.

Itulah beberapa ciri-ciri kampas rem mobil sudah aus dan harus diganti. Untuk menghindari segala risiko selama berkendara, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan kampas rem pada mobilmu secara berkala ya.

Tag : #kampas rem    #mobil    #otomotif    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga