Patung Dewi Kwan Im di Pematangsiantar merupakan patung dewi tertinggi ke dua di dunia

Wisata Menarik di Kota Pematangsiantar

rini | Hiburan | 04-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Kota Pematangsiantar adalah kota terbesar ke dua di Sumatera Utara setelah Medan. Banyak orang yang beranggapan kota Pematangsiantar hanyalah kota persinggahan dan bukan kota wisata, padahal di Pematangsiantar sendiri ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Berikut ini Parboaboa rangkum beberapa tempat wisata populer di Pematangsiantar:

1. Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im yang terletak di tegah Kota Pematangsiantar ini, menjadi bukti bahwa Siantar adalah kota dengan tingkat toleransi antar agama yang tinggi. meskipun patung ini adalah simbol untuk agama Buddha,  namun siapapun diperbolehkan masuk untuk melihat kemegahan patunng sang Dewi. Patung ini memiliki tinggi 22 meter dan menjadi patung Dewi Kwan Im tertinggi ke dua di dunia.

2. Museum Simalungun

Museum Simalungun adalah sebuah museum daerah yang berada di Jalan Sudirman Nomor 20, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara. Museum ini didirikan untuk melestarikan budaya masyarakat Simalungun.

Di dalam museum tersimpan banyak koleksi yang berasal dari peninggalan Kerajaan Marpitu yang menjadi bagian dari sejarah masyarakat Simalungun.

Mengunjungi museum ini bisa menjadi referensi bagi masyarakat yang ingin belajar budaya Simalungun.

3. Tugu Becak

Tugu becak Siantar diresmikan pada tahun 2016 dan berlokasi di Jalan Merdeka. Tugu ini dibuat untuk melestarikan becak bermotor warisan dari penjajahan kolonial yaitu Birmingham Small Army (BSA) yang diproduksi oleh Inggris. BSA adalah salah satu jenis motor langka yang sudah berhenti diproduksi sejak tahun 1960.

Awalnya motor ini dipakai sebagai kendaraan perang para tentara militer Belanda dan Eropa tertinggal di Indonesia, yang pada akhirnya dimanfaatkan masyarakat sebagai kendaraan menarik becak dan menjadi populer di Pematangsiantar.

4. Taman Hewan Pematangsiantar

Kebun binatang ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936 dengan luas areal sekitar 4.5 hektare. THPS berlokasi di Jalan Gunung Simanuk-Manuk Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatra Utara. Sampai saat ini THPS masih mempertahankan statusnya sebagai kebun binatang yang terlengkap dan terbaik di wilayah Sumatra Utara. Koleksi satwa dan popularitasnya bahkan mengalahkan Kebun Binatang Medan.

Dengan jumlah hewannya yang sangat banyak, wisatawan bisa menjadikan THPS sebagai sarana wisata hiburan sekaligus edukasi. Anak-anak bisa belajar tentang dunia satwa dengan melihatnya dan bahkan berinteraksi secara langsung. Pengunjung diperbolehkan memberi makan satwa, namun hanya dengan pakan yang sudah disediakan oleh pengelola.

5. Siantar Waterpark

Siantar Waterpark adalah salah satu wisata keluarga yang populer di Pematangsiantar. Siantar Waterpark memiliki wahana yang lengkap yang akan membuat anak-anak merasa senang. Lokasinya berada di Jalan Rakuta Sembiring, Siantar Martoba, Pematangsiantar.

itu dia rekomendasi 5 tempat wisata di Pematangsiantar yang dapat dikunjungi bersama keluarga.

Tag : #hiburan    #daerah    #pematangsiantar    #wisata menarik di siantar    #wajib dikunjungi   

Baca Juga