Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute.

Yamaha Luncurkan R1 GYTR VR46 Tribute untuk Kado Pensiun Rossi

Maraden | Otomotif | 27-11-2021

PARBOABOA – Yamaha baru-baru ini meluncurkan motor R1 GYTR yang hadir dengan livery khusus dengan warna dominan biru dan kuning. Motor itu dibuat sebagai tribute untuk Valentino Rossi sudah resmi pensiun dari MotoGP.

Pembuat disain livery motor itu juga merupakan desainer khusus motor dan helm untuk Valentino Rossi, Aldo Drudi.

Motor yang hadir dengan nama Yamaha R1 Genuine Yamaha Technology Racing (GYTR) 46 Tribute tersebut hadir dalam satu segmen khusus bertajuk "One More Lap" khusus untuk Rossi yang diadakan disela-sela pameran pameran otomotif EICMA 2021 di Milan, Italia.

"Yamaha telah membuat R1 yang unik ini, dengan menggunakan livery khusus yang dibuat oleh Aldo Drudi, desainer helm dan juga teman Valentino Rossi," tulis Yamaha melalui keterangan resminya.

Yamaha menyebut akan memberikan motor spesial ini sebagai kado bagi Valentino Rossi. Namun Yamaha tidak menjelaskan dengan pasti apakah akan menjual motor tersebut secara massal atau tidak.

Motor edisi spesial ini diketahui hadir dengan komponen yang sama seperti motor Yamah GYTR 2022 dimana motor tersebut sudah menggunakan bahan carbon fiber pada fairingnya. Sedangkan pada panel dashboardnya telah ditanamkan fitur Chrome Lite Dashboard yang dilengkapi GPS.

•     Spesifikasi

R1 GYTR VR46 dibangun dari suku cadang spesifikasi GYTR 2022 dengan menambahkan fitur unik lainnya. Semua komponennya merupakan hasil langsung dari pengembangan WorldSBK Yamaha.

R1 GYTR VR46 menjadi kasta tertinggi dari jajaran R1 GYTR yang pernah diproduksi untuk penggunaan jalan raya (track day).

Pada bagian kedua fairing dan subframe-nya menggunakan full carbon. Kaki-kakinya dipasangkan sok dari pabrikan Ohlins dilengkapi dengan side streering damper-nya. Sedangkan Swingarm menggunakan Underslung Swingarm Assy.

Pada bagian rem, motor ini didukung oleh Brembo yang dipasang pada bagian depan yakni Brembo Front Master Cylinder dan Brembo Front Caliper Set. Sedangkan rem belakang menggunakan Brembo Discs Set.

Yamaha juga memasangkan ECU REX 140 Marelli yang berperforma tinggi pada motor ini. Dan untuk menyeimbangkan tenaga dari ECU juga dilengkapi dengan wire harness.

Untuk urusan knalpotnya, Yamaha mempercayakan produk dari Akrapovic.

Tag : #valentino rossi    #yamaha    #yamaha r1    #yamaha r1 gytr    #tribute to vr46    

Baca Juga