Tempat wisata di Nias

10 Tempat Wisata di Pulau Nias yang Indah Menawan Bak Kepingan Surga

Wanovy | Travel | 10-01-2022

PARBOABOA, Nias - Tempat wisata di Nias Sumatra Utara berikut ini harus kamu kunjungi jika kamu sedang berlibur ke Nias. Mulai dari keindahan alam hingga desa di Nias, semuanya sangat menarik untuk kamu kunjungi, karena memiliki keunikan masing masing.

Bicara mengenai keindahan alam, maka pulau ini memiliki berbagai destinasi wisata alam yang sayang banget buat dilewatkan.

Nah, buat kalian semua yang ingin berkunjung Sumatera Utara, khususnya pulau Nias, maka harus menyimak beberapa tempat wisata di Pulau Nias yang indah menawan berikut ini.

1. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto merupakan salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, serta pantai ini lokasinya persis di ujung utara Pulau Nias sehingga lokasinya cukup jauh dari kota Gunungsitoli yang berjarak sekitar 70 km.

Selain itu untuk menuju ke sini tidak tersedia kendaraan umum, sehingga pengunjung hanya bisa menyewa kendaraan pribadi.

Meskipun terbilang cukup jauh, tapi untuk masalah keindahan alam, pantai ini memang bisa dibilang juaranya karena menghadirkan pemandangan laut jernih berwarna biru tosca.

2. Pulau Hinako

Tempat wisata di Nias yang berikutnya adalah Pulau Hinako. Buat kamu yang suka dengan aktivitas surfing, di pulau ini kamu dapat berselancar dengan ombak yang cenderung tidak terlalu tinggi. Banyak juga spot foto yang tersedia, dijamin foto-foto kamu akan mendapatkan likes yang banyak di sosial media.

3. Pulau Wunga Laguna

Pulau Wunga Laguna merupakan salah satu tempat wisata di Nias yang juga indah dan menawan. Objek wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lain, dimana pantainya membentuk seperti laguna yang sesuai dengan Namanya.

Pantai di Pulau Wunga ini terbentuk akibat gempa yang terjadi pada tahun 2005 silam, dimana bencana membawah berkah. Daya tarik tempat ini bukan sekedar laguna saja, namun ada sederet daya tarik yang wajib dinikmati.

Pantainya yang sangat bersih diikuti pemandangan alam yang masih alami membuat kita merasa nyaman dan enggan beranjak dari tempat ini. Tempat ini cocok buat kamu yang ingin menepi sejenak dari hiruk pikuk ibukota.

4. Pulau Asu

Eits, jangan salah fokus ya dengan penyebutan nama pulau ini. Asu diambil dari kependekan kalimat asuh yang bermakna terakhir dalam bahasa Nias.

Untuk bisa sampai di pulau ini memng memrlukan waktu pejalanan yang cukup lama. Lokasi pulau Asu sendiri terletak di sebelah barat kabupaten Nias dan berbatasan langsung dengan samudra Hindia.

Pemandangan di Pulau Asu sudah tidak peru diragukan lagi. Air laut sejauh mata memandang sangat jernih, ditabah lagi butiran pasir putih yang mebuat mata tampak betah memandang lukisan dari sang pencipta ini.

5. Pantai Fari’i

Terletak di sebuah pulau kecil yang merupakan bagian dari wilayah Desa Himberua Na’a, Kecamatan Sirombi, Pantai Fari’i menjadi destinasi wisata favorit Nias. Pantai ini menawarkan pemandangan hamparan pasir luas yang indah dan pondok-pondok kecil dengan barisan pohon cemara.

Dengan mengunjungi tempat wisata di Nias yang satu ini, kamu juga bisa memancing di beberapa titik favorit warga sekitar. Pantai ini bisa dicapai dengan menyewa perahu nelayan atau berjalan kaki ketika air laut sedang surut.

6. Pantai Toyolaya

Destinasi wisata di Nias selanjutnya adalah Pantai Toyolawa yang terkenal sebagai salah satu pantai indah yang masih sangat sepi pengunjung. Salah satu aktivitas favorit di daerah wisata ini adalah berenang sembari menikmati keindahan alam bawah laut ataupun sekedar bersantai di pinggir pantai mengamati deburan ombak.

7. Desa Bowomataluo

Tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, Nias juga terkenal dengan kebudayaannya. Jika kamu ingin mengenal kebudayaan di Nias, kamu harus mengunjungi Desa Bowomataluo.

Desa ini bisa menjadi destinasi wisata untuk kamu yang mau berwisata dengan santai dan ingin mengenal kebudayaan di Nias.

Ada satu kegiatan Hombo Batu atau yang biasa kita kenal dengan lompat batu di sana, kebudayaan Nias yang sudah sangat terkenal.

8. Pantai Sorake

Jika Anda senang dengan olahraga surfing, maka jangan sampai menyesal karena melewatkan tempat yang satu ini.

Pantai yang masih berada di wilayah Nias Selatan ini merupakan salah satu dari 10 pantai terbaik di dunia untuk berselancar.

Dengan tinggi ombak yang dapat mencapai 12 meter dan panjang hingga 200 meter, pantai ini tiap tahunnya mengadakan lomba berselancar yang diikuti oleh banyak peselancar dari berbagai Negara.

9. Air Terjun Luaha Ndroi

Destinasi wisata terbaik Nias lain yang bisa kamu kunjungi adalah Air Terjun Luaha Ndroi. Terletak di Desa Dulolo, Kecamatan Alasa, wisata air terjun ini punya pemandangan yang indah. Kawasan sekitar Air Terjun Luaha Ndroi dihiasi pepohonan yang rindang dan masih sangat alami.

Air terjun ini terdiri dari beberapa tingkat dengan ketinggian jatuh air sekitar 4 meter dan lebar 6 meter. Selain itu, kolam alam tempat jatuhnya air memiliki kedalaman 50cm - 5 meter yang membuat objek wisata di Kepulauan Nias ini juga jadi tempat asik untuk berenang dan mandi.

10. Pulau Telo

Pulau yang terletak di Nias Selatan ini menjadi tempat wisata di Nias yang tak boleh kamu lewatkan. Memiliki keindahan pantai yang sangat menarik banyak pengunjung lokal maupun interlokal.

Bagaimana tidak, Pulau Tello memiliki pesona pasir yang sangat bersih, laut biru, dan kondisi pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung.

Selain itu, pantai ini memiliki gulungan ombak yang yang menambah kesegaran. Di sekitar lingkungan pantai juga menyuguhkan pemandangan tetumbuhan yang masih asri.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Nias, Sumatera Utara yang bisa kamu jadikan referensi saat berkunjung kesini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Untuk penjelasan selengkapnya tonton video 10 Tempat Wisata Pulau Nias: Indah Menawan Bak Kepingan Surga di channel YouTube kami.

Tag : #wisata nias    #tempat wisata    #nias    #wisata alam   

Baca Juga