Ilustrasi

4 Tips Hemat Baterai Smartphone Saat Hidupkan Wi-Fi dan Tethering

Wanovy | Teknologi | 19-12-2021

Bagi pengguna smartphone, besarnya daya baterai tentu merupakan hal yang sangat penting. Tidak jarang, konsumen akan sangat selektif saat membeli smartphone bahkan melakukan berbagai cara agar baterai smartphone tetap awet.

Namun, smartphone dengan kapasitas baterai yang besar umumnya memiliki harga yang mahal. Pada akhirnya Anda akan membeli smartphone dengan kapasitas baterai yang standar. Meski begitu, Anda tidak perlu berkecil hati karena bisa diakali dengan banyak cara.

Tidak jarang di lokasi-lokasi tertentu ada koneksi WiFi yang stabil dan ada juga yang lemah. Ketika WiFi pada ponsel kita menyala, kadang secara otomatis terhubung pada WiFi tersebut meski sinyalnya sangat lemah. Hal inilah salah satu pemicu borosnya baterai pada handphone.

Nah untuk menghemat baterai smartphone, berikut ini adalah cara menghemat baterai hp yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.

1. Matikan GPS

Sama seperti jaringan WiFi, terkadang fitur GPS akan terus menyala di ponsel. Sebaiknya saat Anda tethering atau terhubung dengan hotspot, cek apakah fitur GPS menyala atau tidak.

Jika GPS masih menyala, sebaiknya segera matikan fitur tersebut agar penggunaan baterai tidak semakin boros.

Untuk mematikan fitur ini cukup mudah sekali. Pada pengguna iPhone masuk ke Setting > Privacy > Location > lalu geser toggle menjadi off. Pada pengguna Android, masuk ke Setting > Location > lalu geser toggle menjadi off.

2. Atur waktu kunci layar (lockscreen)

Atur waktu kunci layar ponsel agar mati dalam waktu singkat, jika ponsel sudah tidak digunakan. Hal tersebut dapat membantu memaksimalkan daya baterai ponsel pasaat digunakan untuk tethering atau mobile hotspot.

3. Sesuaikan kecerahan layar

Tips hemat baterai saat digunakan menjadi hotspot selanjutnya adalah menyesuaikan kecerahan atau brightness layar ponsel.

Sesuaikan brightness pada ponsel agar lebih hemat dan memaksimalkan baterai pada hotspot Anda. Semakin kecil kecerahan, atau semakin redup, maka semakin sedikit daya yang digunakan.

Untuk menyesuaikannya kecerahan ini, pengguna iPhone bisa masuk ke Settings > Display & Brightness. Sementara bagi pengguna perangkat Android, atur setting kecerahan pada Settings > Display > Brightness level.

4. Matikan push notification

Push notification dapat diartikan sebagai pemberitahuan atau notifikasi yang berasal dari aplikasi yang terinstall di HP. Saat notifikasi ini muncul, biasanya bersamaan dengan suara notifikasi dan layar ponsel yang menyala.

Maka dari itu saat tethering atau menggunakan hotspot, sebaiknya matikan notifikasi tersebut, atau jika tidak memungkinkan Anda dapat mengubah menjadi mode “Do Not Disturb/Jangan Ganggu”.

Itulah cara menghemat baterai ponsel saat sedang terhubung ke Wi-Fi atau saat menyalakan tethering hotspot. Semoga bermanfaat!

Tag : #tips hemat baterai    #android    #ios    #wifi    #tethering   

Baca Juga