Kampas rem berhubungan langsung dengan faktor keselamatan bagi pengendara motor.

5 Tanda Waktunya Menganti Kampas Rem Motor

Maraden | Otomotif | 01-10-2021

PARBOABOA – Rem termasuk bagian terpenting sepeda motor. Komponen ini harus benar-benar diperhatikan kerena berhubungan langsung dengan faktor keselamatan pengendara.

Salah satu prosedur perawatan dan perbaikan motor paling penting adalah penggantian kampas rem. Rm pada motor memiliki kampas rem yang memberi pengendara kemampuan kontrol pada kendaraannya. Jadi rem dalam bekeja dengan baik jikan kampas rem masih berfungsi dengan baik.

Sebagai seorang pengendara haruslah selalu memperhatikan keadaan kampas rem motornya, unutk pengendara motor harus tahu kapan waktunya kampas rem harus diganti.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda jika sudah tiba waktunya mengganti kampas rem motor.

1. Cara berkendara yang agresif

Tidak ada waktu spesifik soal berapa lama kampas bisa bertahan. Ketahanan kampas rem semuanya bergantung pada cara berkendara dan melakukan pengereman.

Unutk seorang pengendara agresif, maka akan sering melakukan pengereman yang menyebabkan kampas rem lebih cepat aus.

Kencenderungan penggunaan rem juga berpengaruh, biasanya ada kecenderungan rem yang dominan antar rem depan dan rem belakang, rem yang paling sering digunakan akan lebih cepat aus dibanding lainnya.

2. Jarak tempuh yang sudah dilalui

Sebenarnya kampas rem bisa tahan ratusan bahkan sampai ribuan kilometer jarak tempuh motor.

Jumlah kilometer pada motor sejatinya bukan suatu indikator mutlak untuk mengganti kampas rem. Tanda-tanda fisik ketahanan kampas rem lebih menentukan apakah kampas perlu diganti.

3. Garis indikator kampas rem tidak terlihat

Cara paling mudah mengetahui saatnya mengganti kampas rem adalah dengan pengecekan indikator ketebalan kampas. Terdapat garis indikator di permukaan kampas rem yang dapat memperkirakan sisa waktu penggunaan kampas. Jika garis indikator sudah kurang dari 2 mm aau bahkan sudah tidak terlihat, maka itu adalah tanda kampas rem harus diganti.

4. Respon rem lambat

Pengendara motor pasti bisa merasakan jika ada masalah dengan rem ketika mengendarai motor. Jika respon rem lebih lambat dari seharusnya, maka harus segera mengecek kampas rem karena bisa jadi itu adalah indikasi kampas rem aus dan saatnya unutk diganti.

Semakin cepat melakukan pengecekan maka semakin baik karena bisa menghindarai kecelakaan akibat fungsi rem yang tidak optimal. Maka jika meras rem pada motor tidak normal, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel terdekat.

5. Muncul suara berdecit saat pengereman

Jika saat melakukan pengereman menimbulkan suara berdecit pada motor, itu adalah tanda kampas rem sudah aus. Suare berrdecit itu akibat gesekan logam dengan poros roda atau cakram velg. Logam bergesekan langsung karena kampas yang sudah habis dan menyisakan penyangganya saja yang terbuat dari logam.  

Tag : #otomotif    #pengendara motor    #tips perawatan motor    #waktunya menganti kampas rem   

Baca Juga