Fungsi dan Tanda-tanda Katup Thermostat Mobil Rusak, Segera Ganti!

Tanda-tanda Katup Thermostat tak berfungsi maksimal. (Foto: Dokumen Suzuki)

PARBOABOA, Jakarta - Berfungsi maksimalnya kendaraan sangat tergantung pada kelengkapan serta kualitas komponen-komponennya.

Pada mobil ada begitu banyak komponen penting yang mesti dirawat agar kendaraan tidak mudah rusak serta keselamatan pengendara tetap terjaga. Salah satunya yaitu Katup Thermostat.    

Komponen ini memiliki banyak fungsi, yaitu mempertahankan suhu supaya tetap dalam batas normal serta berfungsi membuka saluran yang menjadi akses menuju radiator di mesin.

Selain itu, Katup Thermostat juga mengatur sirkulasi udara dingin serta menahan cairan pendingin supaya tidak menuju ke radiator.

Jika komponen ini rusak mesin mobil akan mudah rusak. Dan resiko paling berbahaya adalah mesin bisa saja mati saat Anda berkendara.

Bayangkan kalau Anda dalam kecepatan tinggi dan melintas di jalan yang padat kendaraan. Jika tidak bisa melakukan kontrol dengan baik kecelakaan bisa saja terjadi.

Nah untuk mengantisipasi hal ini Anda perlu tahu tanda-tanda Katup Thermostat tidak berfungsi maksimal hingga segera diganti.

Memeriksa dan memastikan Katup Thermostat tetap dalam keadaan baik merupakan bentuk kewaspadaan agar mobil tidak cepat rusak - dan yang paling penting menghindari kecelakaan.

Lantas apa saja tanda-tanda Katup Thermostat tak berfungsi maksimal sehingga harus segera diganti?

Melansir laman resmi Suzuki berikut tanda-tanda Katup Thermostat tidak berfungsi maksimal 

Thermostat terbuka terus-menerus

Tanda pertama dan yang paling mudah dikenali Katup Thermostat  rusak adalah  komponen ini selalu terbuka, bahkan saat suhu normal.

Sehingga di kisaran suhu 30 derajat Celcius ke bawah komponen ini terbuka, dapat dipastikan terjadi kerusakan di bagian sirkulasinya.

Thermostat macet

Kedua, ada tanda yang berkebalikan dengan yang pertama, yakni komponen ini tidak mau terbuka meski mesin mobil berada di suhu yang cukup panas.

Ini disebabkan karena saluran air di dalamnya rusak atau tidak dapat melakukan sirkulasi sehingga akan tetap tertutup meski udara panas.

Kinerja mesin lambat

Selanjutnya, tanda berikut adalah kinerja mesin menjadi lambat atau membutuhkan waktu lama. Ini juga terjadi karena komponen rusak atau katupnya terbuka secara terus-menerus.

Jika sudah seperti ini, maka Anda perlu segera membawa ke bengkel untuk menggantinya. 

Bahan bakar boros

Bahan bakar kendaraan bisa menjadi boros jika terjadi masalah pada komponen ini atau katupnya tidak bisa tertutup. penyebabnya adalah suhu mesin yang terus berada dalam kondisi tidak stabil, sehingga konsumsi bahan bakarnya pun meningkat.

Tanda lainnya yakni mesin mobil sering overheat atau mesinnya terlalu panas.

Mesin sering overheat

Ciri-ciri mobil overheat yang sebaiknya Anda waspadai, antara lain AC mobil menjadi lebih panas.

Selain itu, tenaga mobil berkurang dan temperatur menunjukkan suhu terlalu tinggi membuat mobil berjalan dengan kondisi seperti menggelitik.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS